Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm Raksasa Jadi Monumen Spesial untuk Rossi di Italia

Kompas.com - 27/07/2022, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi sudah dianggap sebagai salah satu pahlawan di Italia. Belum lama ini, didirikan monumen dengan bentuk helm raksasa sebagai persembahan untuk dirinya.

Monumen tersebut didirikan di Pesaro, kota di Italia yang tak jauh letaknya dari tempat tinggal Rossi di Tavullia. Peresmian instalasi tersebut dihadiri oleh Rossi dan juga Walikota Pesaro Matteo Ricci.

Baca juga: Morbidelli Minta Saran ke Rossi buat Kejar Quartararo

Monumen tersebut diberi nama 'Un Casco da Leggenda' yang berarti helm legendaris dan diklaim sebagai helm terbesar di dunia. Beratnya mencapai 400 kg dengan ukuran sekitar 4x6 meter.

Monumen helm raksasa untuk Valentino RossiDok. Speedweek.com Monumen helm raksasa untuk Valentino Rossi

"Sejak awal, saya suka ide dari helm raksasa ini, karena saya sangat suka dengan helm sejak masih kecil," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (26/7/2022).

"Saya juga berpikir bahwa grafis helm saya juga membantu saya menjadi terkenal dan memiliki banyak penggemar. Tidak mudah untuk menentukan desain untuk helm ini," kata Rossi.

Baca juga: Lanjut Berkarir di Balap Mobil, Pirelli Kasih Helm Spesial Untuk Rossi

Desain helm AGV Pista GP yang dipilih diambil dari helm yang digunakan Rossi pada musim 2020. Musim tersebut adalah terakhir kalinya Rossi berada di tim pabrikan Yamaha, karena musim berikutnya dia pindah ke tim satelit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Valentino Rossi (@valeyellow46)

Sekarang, bertambah lagi destinasi wisata penggemar The Doctor yang berkunjung ke Italia. Selain ke Tavullia, Pesaro akan menjadi kota tujuan juga.

Untuk diketahui, Pesaro adalah kota kelahiran ayah Rossi, yakni Graziano Rossi. Maka itu, Rossi menyebut kota ini sebagai rumah keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com