Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 27/07/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, tak hanya sekadar menjadi pemeran ragam mobil dan sepeda motor elektrik, tapi juga wadah edukasi.

Tak terkecuali soal regulasi yang berlaku dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), salah satunya mengenai kewajiban uji tipe kendaraan listrik, baik motor, mobil, dan bus.

Kasubdit Manajemen Keselamatan Kemenhub Heri Prabowo menjelaskan, berbagai regulasi Kementerian/Lembaga (K/L) telah tercipta untuk mendukung program percepatan penggunaan Kendaraan bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Baca juga: MAB Klaim Bus Listriknya Sudah Laris Puluhan Unit


Bahkan untuk lebih memudahkan, sekaligus sebagai insentif, biaya uji tipe kendaraan listrik yang dilakukan Kemenhub jauh lebih terjangkau.

"Untuk sepeda motor listrik dikenakan biaya uji tipe sebesar Rp 4,5 juta, dibandingkan biaya uji tipe sepeda motor konvensional sebesar Rp 9,5 juta," ucap Heri, dalam sesi talkshow Siapkah Indonesia Beradaptasi dengan Kendaraan Listrik?, di PEVS, Selasa (26/7/2022).

Sementara uji tipe mobil penumpang berbasis listrik dikenakan biaya Rp 13,2 juta, yang jumlah tersebut lebih murah dibanding biaya mobil penumpang konvensional sebesar Rp 27,8 juta.

Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)

"Biaya uji tipe mobil bus listrik sebesar Rp 13,2 juta dibandingkan dengan biaya uji tipe mobil bus konvensional sebesar Rp 126,9 juta," lanjutnya.

Baca juga: Intip Spesifikasi DFSK Mini EV, Pesaing Wuling Air ev

Heri juga menjelaskan, tren pengajuan Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau kartu lahir suatu kendaraan periode 2019 sampai 21 Juli 2022 menunjukkan peningkatan. Hal tersebut menandakan eksistensi kendaraan listrik yang makin diminati.

Motor listrik MAB Electro EL03KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik MAB Electro EL03

Kemenhub sendiri sampai saat ini telah menggunakan 30 unit kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional Eselon 1 dan Eselon 2 sebagai bentuk dukungan program percepatan penggunaan KBLBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke