Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 40 Unit Bus Listrik MAB Terjual di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2022, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya terdapat 40 unit bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah berhasil terjual ke seluruh negeri, sejak kali pertama dikenalkan pada 2018 lalu.

Sembilan di antaranya, terjual saat perhelatan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung selama 22-31 Juni 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta dengan nilai kontrak sebesar Rp 41,115 miliar.

Direktur Utama PT MAB Kelik Irwanto menyatakan, rata-rata para pembeli menggunakan kendaraan angkut rendah emisi tersebut menjadi transportsi antar-jemput karyawan.

Baca juga: Sepeda Motor Listrik Mulai Menjamur, Begini Tanggapan AISI

Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)

Sebab, bus listrik MAB diklaim mampu menekan biaya operasional bus berbahan bakar minyak seraya menekan emisi gas buang.

"Kecuali pembelian oleh Pemerintah Kota Semarang, mereka memakainya untuk angkutan wisata di kawasan Kota Semarang," ucap Kelik di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Adapun sembilan bus listrik ini, dibeli oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper, PT Chandra Asri Petrochemicals, PT Kaltim Parna Industri, dan Pemerintah Kota Semarang.

Lebih lanjut Kelik mengatakan, sejak pertama kali meluncur, bus listrik MAB sudah mengalami beberapa penyesuaian yang tentunya dibuat untuk mengikuti tren pasar.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Bertemu dengan Konvoi Pejabat di Jalan?

Direktur Utama PT MAB Kelik Irwanto di Jakarta, Selasa (26/7/2022).KOMPAS.com/Ruly Direktur Utama PT MAB Kelik Irwanto di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Selanjutnya, adanya kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk pengoperasian uji coba satu unit bus listrik MAB, diharapkan bakal menjadi peluang untuk meramaikan sektor transportasi umum di Ibu Kota.

Bus listrik MAB diklaim menggunakan komponen lokal sebesar 35 persen dan memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih.

Dari Cross Inter-City Bus, Normal Floor City Bus, Low Entry City Bus, dan MD 8E TS & MD 8E Cross Medium Bus.

Untuk yang 12 meter ukuran kapasitas baterainya sama, yakni 315,85 kWh. Sementara untuk yang 8 meter hanya 127, 74 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com