Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 25/07/2022, 19:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 masih berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga 31 Juli 2022.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan, perkembangan mobil listrik saat ini mendapat tempat di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang melahirkan inovasi baru di kendaraan listrik mulai dari mobil balap, sepeda motor, hingga sepeda listrik.

“Ini merupakan modal dasar untuk membangun semangat baru,” ucap Moeldoko, di JIEXpo Kemayoran, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Prototipe Motor Sport Electro, Bukti Segmen Motor Listrik Masih Besar

Meski begitu, menurut Moeldoko membangun mobil listrik tidak mudah lantaran harus ada beberapa hal yang diubah oleh masyarakat Indonesia.

“Membangun mobil listrik tidak begitu saja mudah, kenapa? Harus merubah pola kebiasaan dan mental model masyarakat yang tadinya menggunakan BBM subsidi harga murah, kini harus pindah ke mobil listrik yang sedikit agak ribet,” kata dia.

Moeldoko menjelaskan, biasanya masyarakat Indonesia tinggal mendatangi SPBU terdekat untuk mengisi bahan bakar.

Namun, ketika menggunakan kendaraan listrik, masyarakat harus mencari lokasi untuk charger atau swap baterai.

Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)KOMPAS.com/Ruly Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)

Selain itu, isu terkait mobil listrik juga menjadi hal yang penting. Tak sedikit masyarakat yang menilai bahwa menggunakan kendaran berbasis baterai merupakan hal yang rumit.

“Seperti kalau mobil listrik kemasukan air bisa kebakaran atau tidak? Kemudian mau charging dimana? Seberapa jauh baterainya? Dan Isu yang terakhir pasca jualannya bagaimana? Harga second mobil listrik bekas seperti apa,” kata dia.

Moeldoko melanjutkan, diakui untuk edukasi kepada masyarakat membutuhkan perjuangan dan waktu, tetapi dengan adanya pameran kendaraan listrik ini bisa sedikit menjawab keraguan masyarakat tentang mobil listrik.

Baca juga: Perbandingan Fitur Aprilia SR-GT 2022 vs Honda ADV 160

Sebagai informasi pameran kendaraan listrik PEVS resmi dibuka pada 22 Juli hingga 31 Juli 2022. Dalam pameran ini, ada setidaknya 50 peserta yang turut meramaikan, termasuk pelaku industri mobil atau motor listrik, hingga perusahaan pendukungnya seperti produsen baterai, dinamo dan sebagainya.

Adapun untuk tiket masuk PEVS 2022 bisa dibeli dengan harga Rp 30.000 per orang selama weekdays (Senin-Kamis) dan Rp 50.000 pada weekend (Jumat-Minggu). Tiket dapat dibeli di situs resmi www.dyandratiket.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.