Kawasaki Tegaskan Tidak Tertarik dengan MotoGP, Ini Alasannya

Kompas.com - 25/07/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kepergian Suzuki pada akhir musim 2022 ini, Dorna Sports mencoba mencari penggantinya. Salah satu yang dinanti banyak penggemar MotoGP adalah kembalinya Kawasaki.

Untuk diketahui, Kawasaki pernah berkompetisi di MotoGP. Tepatnya pada musim 2002 hingga 2009.

Kawasaki memutuskan untuk mundur dari MotoGP karena terjadi krisis global dan saat itu Ninja ZX-RR juga belum terlihat kompetitif.

Baca juga: Batal Gelar MotoGP, Sirkuit KymiRing Ternyata Bangkrut

Selanjutnya, Kawasaki fokus pada World Superbike (WorldSBK) hingga sekarang. Pada WorldSBK, Kawasaki mendulang kesuksesan yang luar biasa. Pabrikan ini sempat beberapa tahun berturut-turut menjadi juara dunia melalui pebalapnya, Jonathan Rea.

Jonathan ReaFoto: Motorsport-Total.com Jonathan Rea

Guim Roda, Manajer Kawasaki di WorldSBK, mengatakan, MotoGP adalah kejuaraan yang sangat mahal dengan motor purwarupa dan itu adalah tantangan yang besar.

"Kami menghargai keputusan Suzuki. Kawasaki cukup nyaman di WorldSBK dengan motor produksi, tidak ada alasan untuk berganti ke MotoGP. Kawasaki tetap di WorldSBK," ujar Guim, dikutip dari Speedweek.com, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Ketok Palu, Dorna Sports Izinkan Suzuki Mundur dari MotoGP

Untuk WorldSBK, Kawasaki menggandeng tim balap Provec dengan kontrak yang diperpanjang tiap tahunnya. Jadi, tidak ada rencana jangka panjang yang tetap.

Pebalap Kawasaki di WSBK, Jonathan Rea, usai free practice (FP) 2 di Sirkuit Mandalika, Jumat (19/11/2021).KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Pebalap Kawasaki di WSBK, Jonathan Rea, usai free practice (FP) 2 di Sirkuit Mandalika, Jumat (19/11/2021).

Biel Roda, pemilik Provec, mengatakan, perusahaannya tidak pernah berpikir untuk turun di MotoGP. Hanya jika Kawasaki memutuskan untuk pindah, maka pihaknya baru akan memikirkannya.

"Tapi, Kawasaki tidak tertarik dengan MotoGP. Anda tidak bisa hanya dengan menjentikkan jari dan mengatakan tahun depan kita akan ke MotoGP. Anda butuh struktur yang tepat untuk itu," kata Biel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.