Dominasi Verstappen di di GP Perancis 2022

Kompas.com - 25/07/2022, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Tim Red Bull Racing F1, Max Verstappen, berhasil menjadi juara pada ajang F1 pada GP Perancis 2022, Minggu (24/7/2022). Verstappen bersama mobil RB18 mendominasi balapan selepas pertarungan sengit dengan pebalap Ferrari Charles Leclerc.

Leclerc sempat berada di posisi terdepan dan memimpin balapan hingga lap ke-18. Namun pebalap 24 tahun ini mengalami oversteer di tikungan 11, hingga membuatnya meluncur dan menabrak pembatas trek.

Max Verstappen pun tak terbendung hingga memastikan diri menjadi juara di GP Perancis. Dua pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton dan George Russel ada di posisi kedua dan ketiga.

Sedangkan rekan setim Verstappen, Sergio Perez finis pada posisi empat. Perez sedikit mengalami masalah pada ban yang sudah tidak optimal, dan kesulitan mengejar posisi tiga besar podium.

Baca juga: Perbandingan Fitur Aprilia SR-GT 2022 vs Honda ADV 160

Sirkuit Paul Richard memang sangat menantang dengan 15 tikungan dan panjang lintasan sekitar 5.842 meter. Hal ini lantas membuat para pebalap harus berhati-hati menjalankan 53 lap, apalagi dengan tata letak pit lane yang panjang.

“Kita memang sudah kencang sejak awal, meskipun di sirikut ini membuat ban kepanasan, sehingga harus ekstra hati-hati. Namun kami tetap berusaha untuk tetap tenang dan menjaga jarak,” ujar Verstappen, dalam keterangan resmi, Senin (25/7/2022).

Max menyayangkan apa yang terjadi dengan Charles Leclerc, padahal dari awal balapan hadirkan tontonan seru karena keduanya sama-sama kencang.

“Akibat kejadian itu, saya lebih berkonsentrasi menyelesaikan balapan dan memerhatikan kondisi ban. Pit lane sangat panjang di sini, sehingga menjadi perhitungan untuk melakukan pit stop tambahan,” jelas Verstappen.

Pebalap asal Belanda ini mengakui bahwa jalannya balapan di Sirkuit Paul Richard ini sangat luar biasa. Kemenangan yang diraih membuatnya unggul lebih jauh dari rivalnya di posisi kedua, dengan jarak 63 poin pada perebutan titel Juara Dunia F1 2022.

Baca juga: Bedah Interior Stargazer, Avanza, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Sedangkan Sergio Perez yang kehilangan podium posisi tiga mengakui menemui kesulitan usai ditempel oleh George Russell.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.