Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominasi Verstappen di di GP Perancis 2022

Kompas.com - 25/07/2022, 15:23 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Tim Red Bull Racing F1, Max Verstappen, berhasil menjadi juara pada ajang F1 pada GP Perancis 2022, Minggu (24/7/2022). Verstappen bersama mobil RB18 mendominasi balapan selepas pertarungan sengit dengan pebalap Ferrari Charles Leclerc.

Leclerc sempat berada di posisi terdepan dan memimpin balapan hingga lap ke-18. Namun pebalap 24 tahun ini mengalami oversteer di tikungan 11, hingga membuatnya meluncur dan menabrak pembatas trek.

Max Verstappen pun tak terbendung hingga memastikan diri menjadi juara di GP Perancis. Dua pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton dan George Russel ada di posisi kedua dan ketiga.

Sedangkan rekan setim Verstappen, Sergio Perez finis pada posisi empat. Perez sedikit mengalami masalah pada ban yang sudah tidak optimal, dan kesulitan mengejar posisi tiga besar podium.

Baca juga: Perbandingan Fitur Aprilia SR-GT 2022 vs Honda ADV 160

Sirkuit Paul Richard memang sangat menantang dengan 15 tikungan dan panjang lintasan sekitar 5.842 meter. Hal ini lantas membuat para pebalap harus berhati-hati menjalankan 53 lap, apalagi dengan tata letak pit lane yang panjang.

“Kita memang sudah kencang sejak awal, meskipun di sirikut ini membuat ban kepanasan, sehingga harus ekstra hati-hati. Namun kami tetap berusaha untuk tetap tenang dan menjaga jarak,” ujar Verstappen, dalam keterangan resmi, Senin (25/7/2022).

Max menyayangkan apa yang terjadi dengan Charles Leclerc, padahal dari awal balapan hadirkan tontonan seru karena keduanya sama-sama kencang.

“Akibat kejadian itu, saya lebih berkonsentrasi menyelesaikan balapan dan memerhatikan kondisi ban. Pit lane sangat panjang di sini, sehingga menjadi perhitungan untuk melakukan pit stop tambahan,” jelas Verstappen.

Pebalap asal Belanda ini mengakui bahwa jalannya balapan di Sirkuit Paul Richard ini sangat luar biasa. Kemenangan yang diraih membuatnya unggul lebih jauh dari rivalnya di posisi kedua, dengan jarak 63 poin pada perebutan titel Juara Dunia F1 2022.

Baca juga: Bedah Interior Stargazer, Avanza, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Sedangkan Sergio Perez yang kehilangan podium posisi tiga mengakui menemui kesulitan usai ditempel oleh George Russell.

“Saya tak bisa lebih kencang, dan sayangnya tak bisa raih podium sesuai keinginan. Berusaha dengan manajemen ban, namun cukup sulit untuk menanganinya,” jelas Perez.

Padahal dirinya sangat dekat bertarung dengan George, namun mengakui puas masih bisa membawa pulang poin tambahan di klasemen.

Berkat hasil ini, Verstappen masih berada di puncak klasemen pebalap dengan total raihan 233 poin. Sementara itu Perez mengantongi 163 poin di posisi tiga klasemen, hanya terpaut 7 poin dari Leclerc yang masih bertengger di posisi dua.

“Persaingannya sangat ketat di awal balapan. Verstappen sangat beruntung akibat kesalahan yang terjadi dengan rivalnya, dan membuat dirinya memimpin tak terkalahkan hingga akhir balapan,” ujar Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com