AC Mobil Tak Lagi Sejuk, Jangan Cuma Fokus Tambah Freon

Kompas.com - 25/07/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang membuat air conditioner (AC) mobil tak lagi sejuk. Namun kebanyakan pemilik kendaraan langsung berfikir masalahnya ada di freon.

Menurut Pemilik Bengkel AC Mobil Rahmat Soekarno Hatta, ketika AC mulai tak sejuk, perlu dilakukan pengecekan guna mencari akar masalahnya karena belum tentu hanya dikarenakan freon saja.

"Freon itu berbentuk gas, kan pastinya tidak mungkin larut. Masalah AC tidak dingin semua sistem pendingin AC harus di cek satu persatu," ucap Rahmat kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Baiknya Lebih Keras Depan atau Belakang?

Dia melanjutkan, solusi tepat mengatasi AC kurang dingin, jalur-jalur sirkulasi AC dari selang-selang freon, kompresor, dan kondensor pendingin dicek dari kebocoran. 

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

"Komponen-komponen pendingin tersebut kalau tidak ada kebocoran, tidak mungkin freon akan habis. Biar tidak kecolongan seal-seal getas juga di cek," kata Rahmat. 

Masalah kebocoran, paling sulit di deteksi berasal dari bocornya kisi-kisi evaporator. Lendir yang menumpuk mempercepat proses korosi. 

Rahmat menjelaskan, pembongkaran dan cek kebocoran AC bisa menghabiskan waktu yang bervariasi.

Baca juga: Seberapa Irit All New BR-V Dibawa Weekend Getaway Bersama Keluarga?

 

Lantaran posisi evaporator AC ada di balik dasbor, wajar saja proses bongkar pasangnya rumit dan membutuhkan kecermatan. 

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

"Mobil produksi Jepang bisa bongkar pasang dasbor sekitar 4 jam. Beda lagi mobil Eropa, untuk tau ada masalah jalur AC bisa sehari full atau lebih," sebut Rahmat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.