Kompas.com - 20/07/2022, 09:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bakas, baiknya melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Jangan hanya mengandalkan visual dan berpatokan pada jarak tempuh di odometer, pembeli juga wajib mengecek riwayat kendaraan, apakah bekas banjir atau tabrakan.

Seperti diketahui, banyak pedagang nakal memasarkan unit mobil bekas dengan kondisi buruk, salah satunya bekas tabrakan atau kecelakaan.

Biasanya, mobil bekas diakali sedemikian rupa agar kondisinya terlihat normal. Bahkan tak jarang pedagang nakal menawarkan dengan iming-iming harga lebih murah dari pasaran.

Baca juga: Diperluas, Pendaftaran Pertalite Dibuka untuk Warga Jakarta dan Bekasi

Agar tak tertipu, Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin menjelaskan, cukup mudah mengenali mobil bekas yang kondisinya sudah pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan.

Ilustrasi beli mobil bekas di mobil88dok.mobil88 Ilustrasi beli mobil bekas di mobil88

Menurut Syafruddin, mobil bekas tabrakan atau kecelakaan bisa dilihat dari celah nat di bagian kap mesin. Termasuk, pada bagian pintu, bagasi, dan bumper depan-belakang. 

"Mobil yang bekas kecelakaan dan baru selesai restorasi pada beberapa bagian nat kap mesin, pintu bagasi, dan bumper tidak presisi. Cara melihatnya calon pembeli bisa memperhatikan celah sisi kiri-kanan dan atas bawah bagian tersebut," katanya, kepada Kompas.com, Selasa (19/7/2022). 

Syafruddin melanjutkan, bagian kerangka tulangan kap mesin mobil yang bekas kecelakaan besinya sudah tidak presisi.

Meski sudah menjalani perbaikan bodi, namun dari detail las dan bagian warna cat saja terlihat sangat kontras. 

Baca juga: Konsumen Wajib Lapor Saat Beli Mobil Bekas Oper Kredit

Mobil bekas Honda Brio jadi salah satu buruan para konsumen di rentang harga 100 jutaan. Dicky Aditya Wijaya Mobil bekas Honda Brio jadi salah satu buruan para konsumen di rentang harga 100 jutaan.

"Umumnya hasil cat pabrikan tidak akan berbeda warna. Jika belang, ada kemungkinan mobil tersebut pernah menabrak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.