Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil bekas via oper kredit memang punya beberapa keuntungan. Di antaranya, cicilan yang lebih singkat atau angsuran yang lebih ringan.

Sebab pada skema ini, pembeli baru tinggal melanjutkan kredit kendaraan yang sudah di tengah jalan.

Namun, oper kendaraan bermotor atau alih cicilan tidak boleh sembarangan. Tujuannya agar tidak menimbulkan berbagai hal yang merugikan.

Baca juga: Aksi Gotong Royong Angkat Motor dari Jalur TransJakarta Terulang Lagi

Ilustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF GroupIstimewa Ilustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF Group

Collection Remedial Recovery Division Head FIF Group Riadi Masdaya mengatakan, pembeli baru wajib melapor ke perusahaan pembiayaan alias leasing terkait. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak melakukan pelaporan ketika oper kredit.

"Kasus terkait banyak terjadi di konsumen kita, mereka tidak memberikan informasi terlebih dahulu ke kantor jika mereka melakukan oper kredit," ujar Riadi, belum lama ini.

Jika sampai tidak melapor, maka pembeli baru harus menerima dampak kerugian. Di antaranya, kesulitan mengambil Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) ke perusahaan pembiayaan alias leasing.

Baca juga: Merek Jepang Mulai Mempensiunkan Motor Jadul Terjerat Emisi

Karena pengambilan BPKB hanya bisa dilakukan oleh individu yang telah terdaftar saat awal perjanjian pengajuan kredit, atau yang ada pada surat kendaraan itu sendiri.

"Maka, kami harap konsumen bisa berdiskusi dengan kita lebih dahulu bila oper kredit. Jangan melakukan hal yang nantinya malah merugikan orang lain ke depannya," ucap Riadi.

"Memang kasus ini menjadi biang masalah, ya jika tidak ada informasi ke kita sebagai pihak pemberi pinjaman," kata dia.

Baca juga: BMW G310 RR Terbaru Siap Meluncur, Dijual Rp 50 Jutaan

Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)KOMPAS.com/ Ryana Aryadita Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)

Riadi juga mengatakan bahwa konsumen yang tidak sanggup membayar cicilan per bulan sebaiknya menyerahkan unit atau mereka datang langsung untuk dicarikan solusi.

"Kalau sudah begitu ya pilihannya memang cuma dua, menyerahkan unit atau mereka carikan pengganti atau kita yang carikan pengganti (oper kredit)," tutur Riadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.