Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperluas, Pendaftaran Pertalite Dibuka untuk Warga Jakarta dan Bekasi

Kompas.com - 19/07/2022, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina rupanya sudah meluaskan cakupan pendaftaran bahan bakar minyak (BBM) subsidi, yaitu Pertalite dan Solar.

Dari sebelumnya hanya 13 kota atau kabupaten yang diprioritaskan pada tahap awal di Juli 2022, kini sudah bertambah menjadi 50 wilayah.

Bahkan, pendaftaran untuk membeli Pertalite dan Solar saat ini juga sudah bisa dilakukan bagi warga DKI Jakarta dan Bekasi.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Truk Tangki BBM di Cibubur, Diduga karena Rem Blong

Ilustrasi pembelian Pertalite di SPBUPertamina Ilustrasi pembelian Pertalite di SPBU

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, perluasan wilayah pendaftaran Pertalite dan Solar dilakukan melihat tingginya animo dari masyarakat untuk menggunakan BBM subsidi.

"Iya, (sudah diperluas). Dari antusiasme masyarakat yang memang sangat tinggi. Saat ini untuk pendaftaran BBM subsidi sudah di atas 150.000 pendaftar ya," ujar Irto kepada Kompas.com, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Kenapa Sepeda Listrik Dilarang Dipakai di Jalan Raya?

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Tol Sidoarjo 54.612.48, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Pemerintah menetapkan Pertalite sebagai jenis BBM khusus penugasan yang dijual dengan harga Rp7.650 per liter dan Biosolar Rp5.510 per liter, sementara jenis Pertamax harganya disesuaikan untuk menjaga daya beli masyarakat yakni menjadi Rp 12.500 per liter dimana Pertamina masih menanggung selisih Rp3.500 dari harga keekonomiannya sebesar Rp16.000 per liter di tengah kenaikan harga minyak dunia.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Tol Sidoarjo 54.612.48, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Pemerintah menetapkan Pertalite sebagai jenis BBM khusus penugasan yang dijual dengan harga Rp7.650 per liter dan Biosolar Rp5.510 per liter, sementara jenis Pertamax harganya disesuaikan untuk menjaga daya beli masyarakat yakni menjadi Rp 12.500 per liter dimana Pertamina masih menanggung selisih Rp3.500 dari harga keekonomiannya sebesar Rp16.000 per liter di tengah kenaikan harga minyak dunia.

Berdasarkan informasi registrasi di situs subsiditepat.mypertamina.id, pendaftaran diprioritaskan pada pengguna yang berdomisili atau berencana bepergian ke wilayah sebagai berikut :

Aceh - Kota Banda Aceh

Bali - Kab Badung

Bali - Kota Denpasar

Banten - Kota Tangerang

Bengkulu - Kota Bengkulu

DI Yogyakarta - Kab Sleman

DI Yogyakarta - Kab Kulon Progo

DI Yogyakarta - Kab Bantul

DI Yogyakarta - Kab Gunung Kidul

DI Yogyakarta - Kota Yogyakarta

DKI Jakarta - Kota Jakarta Timur

Gorontalo - Kota Gorontalo

Jambi - Kab Muara Jambi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com