Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Cara Mengemudi Mobil Pria dan Wanita

Kompas.com - 18/07/2022, 12:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai mobil tidak hanya aktivitas yang dapat dilakukan oleh pria saja, wanita kini mahir mengendarai kendaraan roda empat.

Di jalan raya sendiri, baik pria atau wanita tidak ada yang lebih unggul dalam mengendarai mobil. Selama telah memenuhi standar menjadi pengendara, siapa saja bisa mengemudi mobil. Namun, ada perbedaan gaya saat mengemudikan mobil antara wanita dan pria.

Baca juga: Tidak Sempat ke Samsat, Begini Cara Blokir STNK Online

Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika perbedaan tersebut membuat tingkat bahaya pengemudi mobil pria lebih fatal dari wanita.

Pengemudi wanita tingkat bahayanya lebih kecil namun sering menimbulkan kebingungan,” katanya pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Sony, perbedaan yang nyata yaitu saat mengemudikan mobil, wanita cenderung defensif sedangkan pria agresif. Perbedaan inilah yang membuat tingkat bahaya pria lebih besar.


Pengemudi pria lebih berani mengambil risiko. Contohnya seperti melajukan mobil lebih cepat di medan jalan atau situasi tertentu.

Perbedaan lainnya dalam operasional dan keakuratan mengendarai mobil, pengemudi pria lebih unggul. Sementara itu, meski wanita dianggap pengendara yang minim bahaya fatal, namun kejadian kecil berbahaya sering dialami.

Ilustrasi pengendara wanita.AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE Ilustrasi pengendara wanita.

Baca juga: Tosca dan ASTRA IAABL Gelar Safety Driving & Training di Batam

Pengemudi wanita kerap ragu-ragu sehingga gerakan dan arah kendaraan tidak konsisten. Gerak gerik pengendara perempuan buruk sehingga kejadian mobil terserempet sering terjadi.

Selain itu, gaya duduk pengemudi pria dan wanita juga berbeda. Banyak pengemudi perempuan yang duduk terlalu mepet pada setir mobil. Tentunya hal tersebut dikarenakan wanita tidak mengatur posisi duduk.

Sementara itu, pria cenderung lebih santai saat duduk atau kebanyakan selalu mengatur posisi duduk sebelum mulai mengemudikan mobil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com