Tuksedo Studio Ramaikan JVWF 2022 dengan Replika Porsche Legendaris

Kompas.com - 16/07/2022, 19:41 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu menu utama dalam ajang Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2022 adalah pameran mobil antik yang tentunya memiliki nilai jual tinggi.

Namun selain Volkswagen, festival tersebut juga memamerkan Porsche, mobil yang digadang-gadang sebagai saudara VW karena dianggap memiliki konstruksi yang hampir sama.

Berhubung harga mobil Porsche sangat tidak masuk akal, maka muncul ide untuk membuat mobil tersebut. Salah satunya adalah Pudji Handoko dari Tuksedo Studio yang pembuat mobil Porsche begitu menawan.

 Baca juga: Biaya Restorasi VW Kodok dan Porsche 356 Tembus Setengah Miliar Rupiah

Porsche 550 Spyder di JVWF 2022Erwin Setiawan Porsche 550 Spyder di JVWF 2022

Pria yang bermarkas di Gianyar, Bali, tersebut mengatakan, awalnya hanya sekadar ingin memiliki Porsche tapi karena harganya yang terlalu tinggi, akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri.

“Tadinya ya pengin punya, cuman kan mobil ini harganya mahal, sampai puluhan milyar, jadi ya kami membuat sendiri,” ucap Pudji kepada Kompas.com, Sabtu (16/7/2022).

Lebih lanjut Pudji menjelaskan, banyak pihak mengapresiasi hasil karyanya, terutama para kolektor mobil klasik. Sehingga, dia memutuskan untuk melanjutkan membuat mobil sendiri.

Baca juga: Pedrosa Pacu KTM RC16 Vs Porsche 918 Spyder di Lintasan Lurus

Spesifikasi Porsche 550 Spyder di JVWF 2022Erwin Setiawan Spesifikasi Porsche 550 Spyder di JVWF 2022

“Dalam hal ini, kami itu membuat, bukan restorasi, kalau restorasi itu barangnya sudah ada lalu diperbaiki, nah kami ini dari yang tidak ada, hanya karena tahu spesifikasi dan model mobil aslinya kami membuat replika mobil tersebut dengan bahan yang sama,” ucap Pudji.

Pudji mengatakan, timnya benar-benar membuat mobil sendiri, bukan sekadar merakit karena memang memulainya dari lembaran (blue print).

Dia menjelaskan hal yang dilakukan jika di Eropa disebut “recreation”, membuat mobil yang sudah menjadi legenda dengan bahan dan spesifikasi semirip mungkin.

“Aslinya yang ini (Porsche 550 Spyder) harganya Rp 70 milyar, jadi tidak mungkin kan membelinya? Mobil yang ada juga di museum paling,” ucap Pudji.

Baca juga: Tips Bagi yang Berniat Memelihara VW Kodok

Spesifikasi Porsche 356 Speedster di JVWF 2022Erwin Setiawan Spesifikasi Porsche 356 Speedster di JVWF 2022

 

Dia juga mengatakan kedua mobil yang dipamerkan di JVWF 2022 itu sudah laku terjual dengan harga masing-masing sekitar Rp 2 milyaran dengan rincian Porsche 356 Speedster dibeli oleh Raffi Ahmad dan Porsche 550 Spyder dibeli oleh Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.