Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Lengkap, Fitur Stargazer, Avanza, atau Xpander?

Kompas.com - 16/07/2022, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer dipasarkan mulai Rp 243,2 juta hingga Rp 307,1 juta (OTR Jakarta). Mobil ini akan bersaing langsung dengan low multi purpose vehicle sekelas lainnya, seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

Langkah yang berani dari Hyundai, karena di kelas ini rival-rivalnya cukup berat. Avanza sudah punya nama sejak lama dan penjualannya juga cukup baik, begitu pula dengan Xpander.

Untuk itu, Stargazer harus memiliki modal kuat untuk memikat hati konsumen. Selain harga yang, fitur-fitur yang disematkan juga harus bisa bersaing dengan kompetitornya.

Baca juga: Adu Spesifikasi Mesin Stargazer, Avanza, dan Xpander

Bicara fitur, Stargazer sudah dibekali dengan layar LCD 4,2 inci untuk kluster instrumen, layar sentuh berukuran 8 inci untuk head unit, sistem audio enam speaker, jok lapis kulit, ambient mood lightning, setir tilt dan telescopic, wireless smarphone charger, lampu depan LED, dan Hyundai Bluelink.

Mitsubishi Xpander facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander facelift.

Untuk fitur bantuan mengemudi, sudah tersedia cruise control, parking distance warning, anti-lock braking system, electronic stability control, hill-start assist, tire pressure monitoring system, manual speed limit assist, rear view monitor, keyless, high beam assist, forward collision-avoidance assist, driver attention warning, lane keeping assist, lane following assist, blind spot collision avoidance assist, dan lainnya.

Pada Xpander, terdapat head unit berukuran 8 inci dengan konektivitas smartphone, electric parking brake, auto hold, cruise control, keyless, setir tilt dan teleskopik, anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution, brake assist, hill start assist, dan active stability control.

Baca juga: Bahas Perbandingan Dimensi Stargazer, Avanza, dan Xpander

Kemudian untuk All New Avanza juga tak kalah menarik. Beberapa pembaruan sudah disematkan termasuk dari sisi fitur yang sudah mengusung teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TFT).

 

Secara keseluruhan fitur baru yang diaplikasi yakni sofa mode, head unit 9 inci, kluster instrumen TFT 4,2 inci, setir tilt dan telescopic, pre-collision warning, pre-collision braking, front departure alert, pedal misoperation control, lane departure warning, lane departure prevention, blind spot monitoring, enam airbags, anti-lock braking system, electronic braking distribution, brake assist, vehicle stability control, hill start assist, dan T Intouch.

Toyota Avanza generasi ketigaDok.TAM Toyota Avanza generasi ketiga

Meski cukup bersaing, sayangnya Avanza belum memiliki cruise control. Lalu, hanya Xpander yang sudah dibekali electronic parking brake dan auto hold meski belum ada aplikasi yang bisa menghubungkan Xpander dengan smartphone, seperti Hyundai Bluelink dan T Intouch.

Jadi, masing-masing model, baik Avanza, Stargazer, dan Xpander memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pastinya juga akan ada sisi plus dan minus ketika dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com