Ketok Palu, Dorna Sports Izinkan Suzuki Mundur dari MotoGP

Kompas.com - 14/07/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki memutuskan kontrak lebih awal dengan Dorna Sports untuk menyudahi partisipasinya di MotoGP pada akhir musim ini. Belum lama ini, dikabarkan bahwa pihak promotor akhirnya menyetujui keputusan tersebut.

Kabar tersebut pertama beredar pertama kali pada sesi tes di Jerez, 2 Mei 2022. Suzuki awalnya hanya memberi tahu tim balapnya saja. Lalu, kabar pun tersebar hingga ke media.

Baca juga: Pindah ke LCR Honda, Alex Rins Ingin Bawa Kru dari Suzuki

"Terkait rumor belakangan ini tentang kepergian Suzuki pada akhir 2022, Dorna Sports secara resmi sudah menghubungi pabrikan untuk mengingatkan mereka bahwa ketentuan pada kontrak mereka tidak mengizinkan mereka untuk membuat keputusan sepihak," ujar pernyataan Dorna, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (14/7/2022).

Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Hingga pada 12 Mei 2022, Suzuki akhirnya membuat pernyataan resmi bahwa pihaknya akan mundur dari MotoGP pada akhir musim ini. Selain MotoGP,

Suzuki juga akan mundur dari ajang balap ketahanan tingkat dunia, yakni Endurance World Championship (EWC). Padahal, Suzuki adalah pabrikan paling sukses di kejuaraan tersebut.

Baca juga: Terancam Absen di MotoGP, Nego Gaji Joan Mir dengan Honda Mentok

Suzuki sudah menjadi juara EWC hingga 20 kali. Bahkan, untuk musim ini, setelah dua dari empat seri berjalan, tim Yoshimura SERT Motul sudah memimpin klasemen.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).AFP/ JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki, mengatakan, pihaknya sudah memutuskan untuk mengakhiri partisipasi di Kejuaraan Dunia MotoGP dan EWC untuk mengalokasikan sumber daya pada inisiatif keberlanjutan lainnya.

"Balap motor selalu menjadi tempat yang menantang untuk inovasi teknologi, termasuk keberlanjutan dan pengembangan orang," kata Suzuki.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Suzuki mengatakan, dengan keputusan tersebut berarti Suzuki menerima tantangan untuk membangun operasi bisnis motor yang baru dengan mengarahkan kembali kemampuan teknologi yang sudah dibangun selama aktivitas balap motor.

"Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang luar biasa kepada seluruh penggemar, pebalap, dan stakeholder yang telah menemani kami dan mendukung kami sepanjang pengembangan sejak kembali ke kelas MotoGP," ujarnya.

"Saya akan melakukan semuanya untuk mendukung Alex Rins, Joan Mir, Team Suzuki Ecstar, dan Yoshimura SERT Motul dalam tugas mereka hingga akhir musim," kata Suzuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.