Fasilitas Mewah pada Bus AKAP yang Bisa Memanjakan Penumpang

Kompas.com - 14/07/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO atau Perusahaan Otobus zaman sekarang terus berlomba memberi fasilitas yang memanjakan penumpang selama di perjalanan.

Zaman dahulu, fasilitas seperti AC atau TV di bagian depan kabin sudah masuk kategori mewah. Namun saat ini, perkembangan kelas layanan bus semakin mewah dengan menghadirkan beberapa fasilitas premium.

Bicara soal kenyamanan, bangku bus yang ada saat ini makin banyak jenisnya. Pertama seperti leg rest dengan ukuran yang besar, belum lagi ada yang dibuat bisa dilipat, sehingga ketika dibuka, kaki tertopang dengan baik.

Baca juga: Cara Operator Bus Antisipasi Keterlambatan Waktu

Kabin bus AKAP PO Kalingga JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Kalingga Jaya

Selain bangku yang semakin nyaman, beberapa bus juga menawarkan bangku sleeper. Bedanya dengan bangku biasa, sleeper seat bisa direbahkan sampai 150 derajat dan sandaran kaki yang panjang.

Kemudian, sleeper seat biasanya dipasang pada kabin tersendiri, sehingga tidak mengganggu penumpang lainnya. Jika bangku sleeper masih belum nyaman, ada juga operator yang menawarkan bangku dengan fitur pijat.

Sebut saja PO Harapan Jaya yang punya bangku pijat di area smoking room. Lantas, padda bus dengan bodi Dream Coach buatan Adiputro, sudah disertai fitur bangku pijat di setiap bangkunya sebagai standar.

Baca juga: Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar


Fitur lain yang menambah nyaman penumpang saat naik bus ada pada sistem hiburan. Saat ini, beberapa bus tidak lagi mengandalkan TV, melainkan ada layar hiburan di setiap bangku penumpang yang bisa memutarkan lagu atau film, bahkan browsing.

Selanjutnya, beberapa operator ada yang menyediakan konter snack di kabin bus. Isinya bisa dispenser, kopi saset, sampai mie cup yang siap diseduh.

Perlu dicatat, fitur yang memberi kenyamanan ini biasanya baru hadir di kelas layanana eksekutif ke atas. Sedangkan untuk kelas ekonomi, bisnis, VIP, baru ada fitur-fitur standar saja, seperti bangku yang sandarannya bisa diatur, sampai AC dan TV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.