Apa Sejatinya Fungsi Lampu Hazard pada Sepeda Motor?

Kompas.com - 14/07/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Lampu hazard kini mulai disematkan pada beberapa sepeda motor keluaran terbaru.

Tidak hanya menjadi nilai jual tampilan, lampu hazard motor juga jadi fitur andalan baru pabrikan saat mau menjual model ke konsumen. Tetapi, apa sejatinya fungsi dari lampu hazard yang disematkan pada sepeda motor?

Pasalnya, kerap ditemukan di jalan, sepeda motor yang menyalakan hazard saat hendak lurus di persimpangan jalan. Pun, ketika konvoi di jalan bersama kelompok tertentu maupun lagi mengawal ambulans.

Baca juga: Wuling Air EV Mulai Tebar Pesona, Sudah Bisa Dipesan Konsumen

Aturan penggunaan lampu hazard sejatinya dijelaskan dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) No 22 Tahun 2009 yang berbunyi:

“Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan,”


Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan lampu hazard sesuai fungsinya adalah sebagai tanda di saat kendaraan berhenti dalam keadaan darurat sesuai dengan peraturan pemerintah.

"Fungsi lampu hazard sebenarnya untuk tanda saat kendaraan berhenti darurat, namun saat ini memang penggunaan lampu hazard banyak disalahfungsikan oleh pengendara," kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCXZulfana K. Rijal Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCX

Menurut Agus, pengendara yang salah menggunakan lampu hazard dikarenakan karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengendara tentang aturan lalu lintas.

Baca juga: INFOGRAFIK: Catatan 5 Tahun Perjalanan Wuling Motors di Indonesia

"Penggunaan lampu hazard untuk sepeda motor sebenarnya penting juga, namun biasanya hanya ada pada motor dengan tipe (mesin) yang cukup besar. Hal tersebut lantaran pada saat motor mengalami kendala di jalan atau mogok, maka lampu hazard dapat digunakan sebagai tanda ketika berhenti di pinggir jalan," ucap Agus.

Kendaraan dengan bermesin kecil pada saat mengalami masalah atau mogok di jalan masih mudah untuk dipindahkan atau dipinggirkan ke lokas lebih aman. Sedangkan untuk moge butuh waktu  lebih lama dan tenaga ekstra sehingga dibutuhkan lampu hazard untuk menginformasikan kondisi darurat ke pengguna jalan lain.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.