Mengecas Baterai Wuling Air ev di Rumah Butuh Daya Minimal 2.200 W

Kompas.com - 14/07/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Wuling Air ev mulai bisa dipesan dari sekarang. Wuling Motors (Wuling) mengklaim mobil ini bisa dicolok ke listrik rumahan.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, mengatakan, Air ev memang dirancang untuk dicas dengan mudah di rumah. Wuling membuatnya dengan konsep Easy Home Charging.

Baca juga: Simulasi Kredit Wuling Air ev, Cicilan Mulai Rp 6 Jutaan

"Jadi, mobil ini dirancang untuk dicas di rumah," ujar Dian, saat konferensi pers virtual, Senin (11/7/2022).

Portable charger Wuling Air evKompas.com/Donny Portable charger Wuling Air ev

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, untuk pengecasan di rumah, dengan voltase normal di rumah 220 V, itu bisa digunakan untuk mengecas mobil listrik ini.

"Minimum 2.200 W khusus untuk mengisi daya Air ev saja," kata Danang, kepada Kompas.com, dalam kesempatan terpisah, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Dimensi Mungil, Wuling Menjamin Air ev Aman dari Tabrak Depan

Untuk rumah tangga, mayoritas menggunakan daya listrik 900 VA hingga 1.300 VA. Jadi, jika ingin memiliki mobil listrik Air ev, harus menaikkan daya listrik atau memasang meteran baru.

Tipe colokan mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Tipe colokan mobil listrik Wuling Air ev

Biaya untuk menaikkan daya atau memasang meteran baru, berbeda-beda di setiap wilayah. Simulasinya bisa dilakukan di aplikasi PLN Mobile.

Contohnya, untuk Provinsi Jawa Barat, Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya, Kelurahan Abadi Jaya. Untuk perubahan daya, dari 1.300 VA ke 2.200 VA, dikenakan biaya penyambungan sebesar Rp 2.131.800. Sementara jika perubahan dari 2.200 VA ke 3.500 VA, biayanya Rp 1.259.700. Biaya tersebut belum termasuk Pajak Penerangan Jalan dan token.

Namun, perlu diingat, per 1 Juli 2022, Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk daya 3.500 VA sudah naik dari dari Rp 1.444,70 per kWh menjadi Rp 1.699,53 per kWh.

Wuling EV hadir di BorobudurWuling Motors Wuling EV hadir di Borobudur

Untuk pemasangan meteran baru dengan daya 2.200 VA, biaya penyambungan dikenakan Ep 2.062.000. Biaya tersebut belum termasuk Pajak Penerangan Jalan dan token. TDL untuk daya 2.200 VA masih tetap, yakni Rp 1.444,70 per kWh.

Wuling sendiri membanderol Air ev dengan Rp 250 juta untuk Standard Range dan Rp 300 juta untuk Long Range. Jadi, selain harus menyiapkan dana untuk pembelian mobil, calon konsumen juga perlu menyiapkan anggaran untuk keperluan infrastruktur di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.