Pasang Fitur Cruise Control di Toyota Innova, Cuma Modal Rp 1 Juta

Kompas.com - 14/07/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control pada kendaraan dinilai memiliki beberapa manfaat. Salah satunya yaitu bisa membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa perlu pengemudi menginjak pedal gas secara terus menerus.

Dengan kata lain, fitur ini dapat meringankan kerja pengemudi, sehingga bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Beberapa mobil premium saat ini sudah dibekali fitur cruise control. Namun, bagi Anda yang ingin lebih nyaman dan rileks saat menyetir di tol, ternyata sudah bisa menambahkan fitur cruise control, khususnya pada mobil Toyota Innova.

Baca juga: Wuling Air EV Mulai Tebar Pesona, Sudah Bisa Dipesan Konsumen

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, pemasangan fitur cruise control bisa dilakukan pada Toyota Innova Reborn, baik untuk yang bermesin diesel 2.4 maupun yang bensin 2.0.

Untuk Innova Reborn sendiri sebetulnya sudah support fitur cruise control, hanya saja pabrikan belum mengaktifkan fitur tersebut.

Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.Febri Ardani Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.

“Proses pemasangan harus melepas setir, tapi sudah ada tempat untuk fitur cruise control-nya. Jadi tidak memodifikasi, langsung plug n play. Hanya tinggal memasang beberapa kabel ke elektrikal di sekitar setir,” ucap Hendra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Menyoal harga, pemasangan cruise control dipatok mulai dari Rp 1 juta (diesel) sampai Rp 1,1 juta (bensin), dengan durasi pemasangan hanya 1 sampai 1,5 jam saja.

Baca juga: Pakai Fitur Cruise Control, Perhatikan Hal-hal Ini

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penambahan fitur cruise control yang bersifat plug and play seharusnya tak masalah.

Namun, jika ada kerusakan yang disebabkan oleh pemasangan fitur tersebut, maka garansi mobil bisa lenyap.

“Kalau dari TAM tidak diperbolehkan untuk melakukan modifikasi yang dapat mengakibatkan garansi gugur, apabila terjadi sesuatu terhadap penambahan fitur,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.