Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Fitur Cruise Control di Toyota Innova, Cuma Modal Rp 1 Juta

Kompas.com - 14/07/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control pada kendaraan dinilai memiliki beberapa manfaat. Salah satunya yaitu bisa membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa perlu pengemudi menginjak pedal gas secara terus menerus.

Dengan kata lain, fitur ini dapat meringankan kerja pengemudi, sehingga bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Beberapa mobil premium saat ini sudah dibekali fitur cruise control. Namun, bagi Anda yang ingin lebih nyaman dan rileks saat menyetir di tol, ternyata sudah bisa menambahkan fitur cruise control, khususnya pada mobil Toyota Innova.

Baca juga: Wuling Air EV Mulai Tebar Pesona, Sudah Bisa Dipesan Konsumen

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, pemasangan fitur cruise control bisa dilakukan pada Toyota Innova Reborn, baik untuk yang bermesin diesel 2.4 maupun yang bensin 2.0.

Untuk Innova Reborn sendiri sebetulnya sudah support fitur cruise control, hanya saja pabrikan belum mengaktifkan fitur tersebut.

Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.Febri Ardani Pengatur fitur cruise control ada di sebelah kanan kemudi.

“Proses pemasangan harus melepas setir, tapi sudah ada tempat untuk fitur cruise control-nya. Jadi tidak memodifikasi, langsung plug n play. Hanya tinggal memasang beberapa kabel ke elektrikal di sekitar setir,” ucap Hendra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Menyoal harga, pemasangan cruise control dipatok mulai dari Rp 1 juta (diesel) sampai Rp 1,1 juta (bensin), dengan durasi pemasangan hanya 1 sampai 1,5 jam saja.

Baca juga: Pakai Fitur Cruise Control, Perhatikan Hal-hal Ini

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penambahan fitur cruise control yang bersifat plug and play seharusnya tak masalah.

Namun, jika ada kerusakan yang disebabkan oleh pemasangan fitur tersebut, maka garansi mobil bisa lenyap.

“Kalau dari TAM tidak diperbolehkan untuk melakukan modifikasi yang dapat mengakibatkan garansi gugur, apabila terjadi sesuatu terhadap penambahan fitur,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com