Kompas.com - 14/07/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan dua motor gede (moge) Patroli dan Pengawalan (Patwal) di Tol Dalam Kota kawasan Tegal Parang, Jakarta Selatan.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan, peristiwa bermula saat motor Patwal Polisi Militer (PM) yang dikendarai anggota Paspampres melintas di Tol Dalam Kota.

Kemudian anggota Paspampres tersebut hilang kendali sehingga menabrak bagian belakang Bus Sumber Jaya.

“Bus berhenti di lajur satu, kemudian tertabrak motor PM hingga tersangkut bagian belakang bus hingga oli motor PM bocor,” ucap Sutikno dikutip dari keterangan resmi, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Wuling Air EV Mulai Tebar Pesona, Sudah Bisa Dipesan Konsumen

Akibat kebocoran oli tersebut, anggota BM Ditlantas Polda Metro Jaya yang berjalan di belakang anggota Paspampres pun tergelincir. Alhasil, moge milik anggota kepolisian itu jatuh ke bahu Jalan Tol Dalam Kota.

“Analisis petugas motor PM hilang keseimbangan sehingga menabrak bus,” ucap Sutikno.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, jalan tol sejatinya memang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih.

“Dengan kecepatan kendaraan di jalan tol yang relatif konstan dan tinggi, momentum yang dihasilkan oleh kendaraan juga lebih tinggi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan,” ucap Jusri.

Iring-iringan mobil kepresiden, Joko Widodo meninggalkan Komplek Parlemen setelah pelantikan presiden dan wakil presiden di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Iring-iringan mobil kepresiden, Joko Widodo meninggalkan Komplek Parlemen setelah pelantikan presiden dan wakil presiden di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Seperti diketahui, peraturan di Indonesia melarang sepeda motor melintas di jalan tol. Aturan dan sanksi sanksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 ayat 1, disebutkan, “Jalan tol hanya diperuntukan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih”.

Namun, ada pengecualian untuk motor petugas kepolisian maupun petugas pengawalan dari instansi lainnya. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2022 tentang kepolisian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.