Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Kaji Penggunaan Kendaraan Listrik di Kawasan Wisata Indonesia

Kompas.com - 12/07/2022, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengusulkan untuk membuat beberapa pilot project penggunaan kendaraan listrik di sejumlah destinasi wisata.

Hal tersebut dalam upaya menciptakan percepatan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, serta merangsang daya beli masyarakat agar bisa beralih menggunakannya.

Kini, rencana tersebut tengah dikembangkan oleh sejumlah Kementerian/Lembaga dengan menggaet Kementerian Perhubungan, Kementerian Investasi/BKPM, dan PT PLN (Persero).

Baca juga: Daftar Merek Motor Listrik yang Ikut PEVS 2022

Seremoni peresmian GrabElectric di Kemenkomarves bersama Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Ketua BKPM Bahlil Lahadalia, Selasa (12/7/2022)KOMPAS.com/Ruly Seremoni peresmian GrabElectric di Kemenkomarves bersama Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Ketua BKPM Bahlil Lahadalia, Selasa (12/7/2022)

"Kami mungkin ingin mengusulkan pembuatan sejumlah pilot project untuk kendaraan EV, dan itu bisa dikonversi dengan baterai listrik buatan dalam negeri," kata Luhut di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

"Tadi saya sudah bicara dengan Menhub, Bahlil (Menteri Investasi), dan Darmo (Dirut PLN). Bila dalam 2,5 tahun bisa kita buat itu bagus," lanjut dia.

Adapun beberapa destinasi wisata yang menjadi sasaran rencana terkait, seperti kawasan Borobudur, Bali, dan sebagainya. Penggunaannya, bisa dimulai dari sepeda motor listrik terlebih dahulu.

"Kita coba nanti bikinkan pilot project di Bali, di Borobudur, beberapa destinasi wisata, nanti kita kaji,” jelas Luhut.

Baca juga: Grab Indonesia Punya 8.500 Unit Armada Kendaraan Listrik

Mobil listrik Genesis dari Hyundai yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam rangkaian kendaraan menuju ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).dok. Sekretariat Presiden Mobil listrik Genesis dari Hyundai yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam rangkaian kendaraan menuju ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Rabu (8/6/2022).

Dalam kesempatan serupa, ia pun menegaskan dukungan pemerintah untuk penyediaan kendaraan listrik seperti halnya yang dilakukan Grab. saat ini, perseroan sudah memiliki 8.500 unit kendaraan di delapan provinsi selama 2019-2022.

"Saya senang sekali, ini suatu proses panjang yang dilakukan Grab. Inilah Indonesia, kita mainkan peran luar biasa untuk energi hijau untuk mengurangi emisi karbon, saya beri penghargaan luar biasa," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com