PO Juragan 99 Punya 2 Bus Tingkat Baru dengan Kabin Supermewah

Kompas.com - 12/07/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Juragan 99 baru saja merilis dua bus tingkat baru untuk armadanya. Kedua bus tersebut dibuat oleh Karoseri Adiputro dengan bodi Jetbus 3+ SDD, memakai sasis Scania K410iB.

Secara tampilan eksterior, PO Juragan 99 memilih warna hitam doff dengan livery merah. Selain itu, ada perbedaan yang cukup banyak antara bus tingkat PO Juragan 99 dengan Jetbus 3+ SDD lainnya.

Pertama untuk bagian eksterior, bisa dilihat dari sisi kiri posisi pintu penumpang lebih maju, dekat roda depan. Sedangkan untuk Jetbus 3+ SDD pada umumnya, pintu penumpang ada di dekat roda belakang.

Baca juga: Spesifikasi Khusus yang Biasa Dipesan Bus Lintas Sumatera

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Peletakan posisi pintu yang berbeda ini karena bagian kabin bawah sudah tidak dibuat untuk penumpang. Jadi, unit bus tingkat milik PO Juragan 99 hanya mengangkut penumpang di kabin lantai dua.

Saat masuk, langsung bertemu dengan tangga dan area smoking room yang di dalamnya ada toilet. Kemudian, di lantai bawah juga ada pantry yang berisi dispenser dengan lemari untuk penyimpanan.

Selain itu, pada bagian dalam smoking room, dibuat akses berupa pintu yang menembus ke area pengemudi dan tempat istirahatnya atau kandang macan. Jadi kru bisa ke toilet atau ke smoking room dengan leluasa.

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Diberi Nama Air ev, Sudah Bisa Dipesan


Naik ke lantai atas, penumpang langsung bertemu dengan tiga bangku selonjoran seperti yang ada di unit Dream Coach. Ini menjadi hal yang baru pada bus tingkat, punya bangku selonjor di kabin atas dan menghadap ke depan.

Pada kabin selonjor, penumpang mendapatkan bangku superlebar yang bisa rebah sampai sekitar 150 derajat. Selain itu, ada juga TV LED besar di bagian atas sebagai teman perjalanan panjang.

Kabin Bus baru PO Juragan 99 TransDOK. ADIPUTRO Kabin Bus baru PO Juragan 99 Trans

Untuk bangku yang lainnya, disusun 1-1-1 atau istilahnya Social Distancing Seat. Bangku yang digunakan merupakan buatan Hai Rimba Kencana dan dilengkapi dengan TV kecil yang ada di bagian sandaran tangan.

Bus PO Juragan 99 bisa dibilang menjadi bus tingkat paling unik yang keluar dari Karoseri Adiputro. Apalagi untuk bagian kabin yang sudah dibuat sangat mewah dan premium, sehingga memberikan rasa nyaman kepada penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.