Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sering kali saat mobil habis dicuci, atau setelah melewati genangan ari dan didiamkan dalam waktu yang lama, pemilik akan melihat adanya bercak karat pada piringan cakram.

Kondisi tersebut kadang membuat pemilik kaget, karena dianggap piringan cakram mengalami korosi. Lantas apakah benar demikian?

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Haryanto mengatakan, bercak karat pada piringan cakram disebabkan faktor kelembapan udara. 

Baca juga: Alasan Daihatsu Belum Mau Pasang Double Blower di New Sigra

"Tidak dipakai lembab, menimbulkan bercak seperti karat. Perubahan senyawa kimia yang terjadi pada piringan cakram karena gesekan kampas dan disc brake tidak ada lapisan pelapis metal," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022). 

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Dia juga menjelaskan, bercak karat tersebut akan hilang sendirinya setelah mobil dipakai jalan. Sama halnya saat mobil habis dicuci, untuk menghilangkan karat tersebut bisa dengan menggunakan jalan lebih dulu. 

"Kalau mobil baru selesai di cuci, minimal buat jalan sebentar untuk menghilangkan bercak air," ujarnya. 

Baca juga: Era Mobil Matik, Daihatsu Sigra Paling Laris Justru yang Manual

Jika tidak, disebutkan dia, pengaruhnya kampas rem rawan kotor disebabkan bercak mengendap di brake pad dan menimbulkan suara berdecit, dan rem bergetar. 

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

"Kerusakan tidak begitu signifikan tetapi efeknya ada gejala-gejala dahulu. Suara mendecit dari disc brake, pedal rem bergetar. Jangka panjang disc brake bergelombang dan tidak rata," sebut dia. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.