Begini Teknik yang Benar Ngerem Skutik di Turunan

Kompas.com - 06/07/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai skuter otomatik (skutik) kerap disebut mudah karena identik hanya mengoperasikan gas dan rem.

Maka dari itu, bagi yang ingin belajar mengendarai kendaraan roda dua akan memilih skutik. Kendati terkesan mudah, diperlukan teknik berkendara yang tepat untuk mengendarai motor matik.

Baca juga: Cara Menghindari Tabrak Belakag di Lampu Merah Bagi Pengendara Motor

Contohnya cara mengerem dan buka tutup gas yang haruslah tepat. Hal ini tidak boleh disepelekan sebab skutik nyaris tidak punya engine brake.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, saat naik skutik salah satu yang mesti diperhatikan terutama pengendara baru ialah saat turunan.

"Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman," kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

Tidak hanya itu saja, agar lebih aman, untuk penggunaan rem, Agus menyarankan untuk selalu mengerem dengan kedua rem yakni depan dan belakang secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

Baca juga: Demi Keamanan, Bus Sudah Dipasang Speed Limiter

Namun banyak pengendara skutik yang tidak menerapkan teknik ini saat melewati turunan, alhasil motor mudah hilang kendali dan berbahaya bagi pengendara.

"Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standby di tuas rem kanan dan kiri," kata Agus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.