Sensasi Berkendara di Balik Kemudi New Wuling Cortez

Kompas.com - 06/07/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas ekstrior, interior dan perfoma. Kini saatnya tim redaksi mengulas bagaimana sensasi di balik kemudi New Wuling Cortez.

Menyoal jantung pacu, New Cortez dibekali dengan mesin 1.451 cc turbocharger 4 silinder DOHC DVVT, yang mampu menghasilkan tenaga 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.600 rpm.

Daya tersebut ditransfer melalui transmisi CVT 8 percepatan ke penggerak roda depannya.

Unit yang diuji Kompas.com, yaitu pilihan transmisi CVT. Pengujian kali ini dilakukan melewati berbagai kontur jalan, mulai perkotaan yang padat, jalan tol, hingga naik dan turun.

Baca juga: Uji Performa dan Konsumsi BBM Wuling Cortez

Tenaga New Wuling Cortez sudah mulai terasa di putaran mesin bawah, tetapi ada sedikit gejala ‘lag’ ketika pedal gas diinjak dalam secara mendadak. Alhasil, sepersekian detik mobil tidak bergerak.

Meski begitu, mengajak Cortez berjalan di dalam kota masih nyaman, begitu juga ketika menemui kondisi stop n go.

Eksterior Wuling CortezKompas.com Eksterior Wuling Cortez

Kemudian, untuk merasakan putaran atas, Cortez coba kami pacu di ruas Tol Jagorawi. Ketika mendapatkan momen yang kondusif, pedal gas langsung kami tekan lebih dalam. Hasilnya, tak terlalu mengecewakan, dengan body boxy-nya, Cortez masih bisa memberikan sensasi berlari yang cukup baik.

Mencoba menekan pedal gas lebih dalam, putaran atasnya juga tidak terlalu buruk. Namun, harus diakui bila sangat terasa efek turbo lag yang membuat mobil ini kurang gereget saat diajak berlari lebih cepat.

Menyoal handling, New Wuling Cortez cukup terasa limbung ketika menikung pada kecepatan tinggi. Hal ini tak terlepas dari struktur dimensi yang membuat body roll cukup terasa.

Saat melewati jalan yang rusak, bantingan suspensi mobil ini juga cukup keras. Namun, masih dalam kategori wajar.

Baca juga: Permintaan Tinggi, Toyota Menangguhkan Pemesanan Land Cruiser 300

Meski begitu, hal ini bisa dimaklumi mengingat Cortez sendiri menyandang status mobil keluarga dan memang tidak diperuntukkan untuk kebut-kebutan.

Kesimpulannya, meski masih terjadi gejala lag, New Cortez memiliki performa yang cukup mumpuni untuk diajak jalan dalam kota dan luar kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.