Mitos atau Fakta, Aki Cepat Soak jika Sering Ngecas Ponsel di Mobil?

Kompas.com - 06/07/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini mobil produksi terbaru telah menyematkan fitur pengisian baterai ponsel melalui power output.

Fitur tersebut akan membantu pengendara untuk mengisi baterai ponsel pada saat melakukan perjalanan jauh.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa mengisi daya baterai ponsel melalui power output mobil akan menyebabkan aki mobil cepat soak atau tekor.

Baca juga: Saat Terjadi Kecelakaan, Pengemudi Bertanggung Jawab Atas Keselamatan Penumpang

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menegaskan bahwa output untuk pengisian daya ponsel tidak akan berpengaruh terhadap usia accumulator.

“Kalau untuk aki tidak ada masalah, selama mesin masih tetap menyala, aki akan terus terisi oleh alternator,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Namun, berbeda jika melakukan pengisian daya baterai pada saat mesin mobil mati. Jika kondisi mesin mati, penggunaan arus untuk mengisi baterai ponsel memang bisa mengurangi arus pada aki.

“Tetapi, jika kondisi aki sistem pengisiannya masih bagus, nanti juga akan mengisi lagi,” kata Didi.

Power output pada mobil untuk mengecas ponselDok. HPM Power output pada mobil untuk mengecas ponsel

Namun, Didi menyarankan untuk tidak terbiasa mengisi daya baterai ponsel menggunakan power output yang tersedia di mobil.

Hal ini dikarenakan output power yang dikeluarkan oleh daya aki mobil tidak stabil yang akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponselnya.

“Output yang dikeluarkan tidak stabil, dikhawatirkan bisa menurunkan kemampuan baterai HP,” kata Didi.

Baca juga: Mobil Habis Tabrakan, Segera Cek Bagian Lampu

Jika terpaksa untuk menggunakan pengisian menggunakan output, cara tersebut bisa dilakukan.

Didi menyarankan untuk tetap tidak dibiasakan mengisi daya baterai menggunakan power output. Lebih baik mengisi daya baterai di rest area atau tempat singgah lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.