Bukan Hiasan dan Pemanis, Ini Fungsi Jalu Setang Motor

Kompas.com - 06/07/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan sepeda motor baru saat ini sudah dilengkapi dengan stabilizer atau jalu pada bagian setangnya. Baik untuk jenis sport ataupun skutik.

Sayangnya, tak sedikit pemilik motor yang kurang memahami fungsinya. Padahal, keberadaan jalu pada setang bukan hiasan atau sekadar pemanis saja.

Fungsi jalu setang pada motor berguna menjaga kestabilan sekaligus side bar. Shokibul Pemilik Bengkel Malam mengatakan, jalu pada ujung setang motor bisa mengurangi risiko kerusakan parah pada bodi.

Baca juga: Kebiasaan Ini yang Bikin Singkat Usia CVT Motor Matik

"Jalu menahan beban motor yang ambruk karena jatuh atau kecelakaan. Letaknya di ujung setang motor dekat rem melindungi sepeda motor dari kerusakan parah," ucap dia kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Wartawan saat melakukan test ride All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Wartawan saat melakukan test ride All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.

Shokibul menjelaskan, bahan pembuatan jalu dari logam dan campuran aluminium bisa bermanfaat juga untuk menjaga kestabilan laju motor agar tak mudah oleng.

Karena itu, bila hanya terpasang satu saja, bisa memberikan risiko keseimbangan tangan kanan dan kiri bisa kurang stabil. 

"Itu sepasang, misal terpasang satu buah saja di kanan atau kiri, maka ketika motor dikendarai pegangan tangan pada stang antara kanan dan kiri bisa goyang," tambahnya.

Baca juga: Hati-hati, Stut Motor Bisa Kena Denda Rp 250.000 

Hal yang sama diungkap Kepala Bengkel Astra Honda Zirang Motor Semadang Nurhadi Muslim, yang menjelaskan, jalu mempunyai dua fungsi ganda selain sebagai penyeimbang tugas pokoknya juga menjadi safety bar. 

Test ride Yamaha FazzioDok. YIMM Test ride Yamaha Fazzio

"Banyak yang masih awam fungsi jalu stang, pabrikan merancang mekanisme penyeimbang setang dan safety bar dalam sepaket. Misal lepas satu atau copot salah satu saja, pengendara sedikit kesulitan mengendarai motornya," ucap Nurhadi. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.