Saat Isi BBM, Lebih Baik Isi Full Tank atau Dicicil?

Kompas.com - 05/07/2022, 16:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua kebiasaan yang dilakukan orang saat mau mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM). Pertama adalah orang yang selalu mengisi sampai full tank, dan satu lagi hanya seadanya saja tidak sampai penuh atau dicicil saat perjalanan.

Dari dua kebiasaan tersebut, kira-kira mana yang lebih baik? Apa mengisi sampai penuh atau dibiarkan saja setengah tangki?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, mengisi tangki BBM sampai penuh memberi rasa aman pada pengemudi saat mau menyetir di kemudian hari.

Baca juga: Baru 4 Hari, Pendaftar BBM Bersubsidi Tembus 50.000 Kendaraan

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bisa digunakan sebagai alternatif rest area yang penuh di masa arus balik Lebaran, Jumat (6/5/2022).Dokumentasi Jasa Marga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bisa digunakan sebagai alternatif rest area yang penuh di masa arus balik Lebaran, Jumat (6/5/2022).

"Kalau saya melihatnya lebih kepada kesiapan kendaraan dan ketenangan pengemudi, apabila dibutuhkan dalam keadaan emergency. Jadi tidak perlu buang waktu untuk mencari dan mengisi bahan bakar jika dibutuhkan," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Dengan kondisi tangki BBM yang selalu penuh bisa membuat pengemudi lebih tenang. Kemudian, kondisi tangki BBM yang penuh atau tidak, untuk mobil modern sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada keawetannya.

"Soal awet tangki ya sama-sama awet, enggak ada masalah. Mobil sekarang, tangki sudah terbuat dari polyurethane, jadinya enggak berkarat," ucapnya.

Baca juga: Berencana Ganti Satu Set, Cek Harga Ban Mobil Juli 2022

Namun untuk mobil-mobil lama yang masih menggunakan tangki berbahan besi, memang kondisi tangki bisa berpengaruh. Seperti yang dikatakan Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

"Biar aman untuk kendaraan yang berbahan bakar bensin, cukup isi penuh. Makin penuh makin bagus, karena saat tangki penuh maka udara yang ada di dalam tangki juga akan lebih sedikit atau bahkan tidak ada," ucap Suparna.

Saat mengisi bensin secukupnya, akan ada ruang di dalam tangki kendaraan. Jika dibiarkan saat malam dan mengalami perubahan suhu, bisa terjadi kondensasi atau pegembunan.

"Jika hal itu terjadi setiap hari, makin hari kandungan airnya semakin besar dan banyak. Hal itu nanti malah bisa membuat korosif (berkarat) tangki bahan bakarnya," ucap Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.