Begini Detail Perbedaan New Honda ADV 160 Tipe CBS dan ABS

Kompas.com - 05/07/2022, 18:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah hadir lewat bocoran informasi maupun gambar, New Honda ADV 160 akhirnya meluncur di Indonesia dengan ubahan dari sektor mesin, sasis, fitur, hingga desain.

Model baru Honda ADV ini hadir menggantikan versi lamanya yang telah beredar di pasaran sejak tahun 2019. Secara umum, New Honda ADV 160 tersedia dalam dua varian, yakni tipe CBS dan ABS.

Khusus tipe ABS, kini telah dilengkapi dengan fitur HSTC (Honda Selectable Traction Control) berfungsi mencegah hilang traksi atau slip di roda belakang.

Baca juga: Berencana Ganti Satu Set, Cek Harga Ban Mobil Juli 2022

Setang dan panel intrumen Honda ADV 160Dok. AHM Setang dan panel intrumen Honda ADV 160

Sebagai identitas, terdapat stiker HSTC di bagian depan motor persisnya ada di bodi dekat headlamp. Kemudian, perbedaan detail terlihat pada emblem bodi ADV 160. Di mana tipe CBS pakai warna silver, sementara tipe ABS warna gold.

Untuk pilihan warna, kedua tipe ADV 160 sama-sama tersedia tiga pilihan warna yaitu hitam, merah dan putih.

Bedanya dari finishing warnanya, tipe ABS warna merah dan hitam dapat sentuhan matte sedangkan tipe CBS punya warna glossy.

Baca juga: Hati-hati, Stut Motor Bisa Kena Denda Rp 250.000

Warna pelek dan setang kedua tipe juga berbeda. Tipe CBS dilabur warna hitam, sedangkan tipe ABS warna burnt titanium.

Beranjak ke sektor pengereman, kaliper rem cakram depan tipe CBS dan ABS di ADV 160 masih sama seperti punya ADV 150.

Menggunakan kaliper Nissin 3 piston untuk tipe CBS, dan 2 piston untuk tipe ABS, yang keduanya dilabur warna hitam.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Transmisi Model CVT Lebih Hemat BBM?

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

Lalu, baik Honda ADV 160 CBS dan ABS sudah dilengkapi fitur smart key dan alarm, idling start-stop system, USB charger 2,1 Ampere.

Perihal dapur pacu, ADV 160 tipe CBS dan ABS sama-sama didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

Mesin baru tersebut mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW atau setara 15,8 tk pada 8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Adapun mengenai harganya, tipe CBS dibanderol Rp 36.000.000, sementara tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (on the road) Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.