Saat di Lampu Merah, Lebih Baik Injak Rem atau Tarik Rem Tangan?

Kompas.com - 05/07/2022, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi di jalan raya, tentu akan bertemu dengan persimpangan dengan lampu lalu lintas. Ketika sedang berhenti di lampu merah, ada kebiasaan orang yang menginjak rem dan ada juga yang menarik rem tangan.

Dari kedua kondisi tersebut, memang punya beberapa keunggulan. Misalnya dengan menarik rem tangan, kaki pengemudi jadi bisa sedikit beristirahat. Sedangkan kalau pakai rem kaki, pengemudi jadi lebih waspada.

Tetapi sebenarnya mana cara berhenti yang lebih aman di lampu merah, apakah menginjak rem atau menarik rem tangan?

Baca juga: Ajang MotoGP Kehilangan Sosok Rossi

Daftar lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia.Shutterstock/Eddy Fahmi Daftar lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menginjak rem kaki saat sedang berhenti di lampu merah jauh lebih aman dibanding menarik rem tangan.

"Pertama rem kaki menyala, sehingga terlihat aktif dari belakang kalau sedang berhenti. Kedua, pedal rem diinjak maka posisi pengemudi siaga, tidak untuk alasan istirahat di jalan sekalipun sedang berhenti di lampu merah," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah


Sony menyarankan, kalau memang mau berisitirahat, lebih baik cari tempat yang lebih aman, bukan saat menunggu lampu merah.

Terakhir adalah, pedal rem diinjak agar kendaraan tidak terkunci saat ditabrak dari belakang.

"Kalau rem parkir diaktifkan dan tertabrak dari belakang, benturannya akan lebih parah. Sedangkan kalau injak rem saja, benturan tadi jadi tidak fatal karena mobil tidak dalam kondisi terkunci," kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.