Alasan Kenapa Mobil Baru Wajib Melakukan Servis di 1.000 Km

Kompas.com - 04/07/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil baru perlu dirawat dengan baik agar performa tetap terjaga. Salah satunya dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi.

Biasanya bengkel resmi memberikan berbagai pelayanan menarik untuk mobil baru. Mulai program servis gratis hingga pelayanan di lapangan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bengkel pinggir jalan.

Khusus mobil baru, servis yang wajib dilakukan dalam waktu dekat adalah servis pertama di bulan pertama atau sebelum mobil menempuh jarak 1.000 Km. Hal ini sering dianggap sepele, padahal ada banyak keuntungan di sana.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Servis pertama ini bisa menjadi ajang perkenalan antara pemilik kendaraan dengan bengkel. Seperti yang diketahui, bengkel resmi merupakan sumber informasi terkait mobil baru tersebut.

Jadi, Anda bisa memanfaat hal itu untuk bertanya banyak hal atau sekadar mengeluhkan kendala saat mencoba mobil baru itu.

Dengan demikian, pihak bengkel akan mengecek dengan lebih detail terkait keluhan yang Anda sampaikan. Biasanya pihak bengkel juga akan banyak menjelaskan terkait garansi, berbagai pekerjaa penunjang serta program-program lain di servis pertama ini.

Service Advisor Nissan Bintaro, Rusman mengatakan servis pertama ini penting dilakukan untuk menguji kelayakan pakai mobil tersebut, selain itu servis pertama juga syarat agar garansi mobil tidak hangus.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan Servis Mobil di Bengkel Resmi

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi. Dok. MMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi.

“Yang pasti sih untuk memastikan apakah mobil itu layak pakai atau tidak, selain itu servis 1.000 Km ini kan syarat agar garansi tidak hangus,” ucap Rusman kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan pekerjaan yang dilakukan tidak banyak, hanya seputar pengecekan kekencangan baut-baut, fungsi komponen, tekanan angin ban serta scanning. Pekerjaan lebih detailnya bisa dibaca di buku panduan servis atau ditanyakan ketika di bengkel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.