Mana yang Lebih Baik Ganti Oli Mesin Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Kompas.com - 04/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil merupakan aset yang cukup berharga guna menunjang mobilitas harian. Maka dari itu perlu dijaga agar senantiasa prima.

Salah satunya, adalah dengan melakukan servis secara berkala, terutama melakukan penggantian oli mesin.

Seperti yang diketahui, mesin memerlukan pelumas yang baik guna menjaga keawetan komponen selama bekerja. Gaya gesek pada setiap komponen yang bergerak sudah pasti akan mengakibatkan aus jika tidak dilumasi dengan baik.

Oli mesin juga bisa mengalami penurunan kualitas, baik kemampuannya dalam melumasi atau karena sudah terlalu lama tidak diganti. Biasanya, dalam kurun waktu tertentu oli akan mengumpulkan kotoran sisa gesekan logam antar komponen sehingga oli menghitam. Terlebih lagi untuk mobil yang sering digunakan.

Baca juga: 3 Fungsi Oli Mesin, Pembersih, Perekat, dan Pendingin

Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11Cakra Motor 11 Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11

Service Advisor Daihatsu Cilacap, Abdul Fadhol mengatakan, berdasarkan buku servis ada dua patokan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli, bisa per 6 bulan atau per 10.000 Km.

“Mana yang lebih dulu tercapai, segeralah melakukan penggantian oli mesin. Bisa jadi 6 bulan lebih dulu tercapai, atau justru lebih dulu 10.000 Km,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Abdul menjelaskan, untuk mobil yang jarang dipakai pasti 6 bulan lebih dulu tercapai meski jarak tempuhnya masih sedikit. Dengan demikian, tetap saja disarankan melakukan penggantian oli karena kemampuan oli bisa berkurang seiring bertambahnya masa pakai.

Baca juga: Oli Mesin yang Tepat Bisa Berdampak pada Efisiensi Bahan Bakar

Proses pengerjaan TUSS di bengkel Provis Autolab.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Proses pengerjaan TUSS di bengkel Provis Autolab.

Untuk mobil yang memiliki mobilitas tinggi, sudah pasti jarak tempuh 10.000 Km akan lebih dulu tercapai sebelum 6 bulan. Nah, ini juga perlu segera melakukan penggantian oli lantaran kualitas oli juga bisa berkurang karena pemakaian.

Sehingga, mana yang lebih baik jarak atau waktu?

Jadi, sederhananya adalah interval mana yang lebih dulu tercapai, bisa jarak atau waktu. Justru yang tidak baik itu ketika pemilik kendaraan menunda-nunda untuk melakukan penggantian oli mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.