Kompas.com - 03/07/2022, 12:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Aki pada mobil juga mempunyai batas usia pemakaian. Secara normal, usia pemakaian aki pada kendaraan roda empat bisa sampai dua tahun bahkan lebih.

Namun, keawetan penggunaan aki mobil juga tergantung dari bagaimana pemilik menggunakan dan merawatnya.

Apabila aki tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin aki bisa lebih cepat rusak atau soak sebelum waktunya diganti. Saat kondisi itu tidak terjadi, aki akan menunjukkan gejala yang tidak biasa saat mobil dinyalakan.

Baca juga: Sensasi Berkendara Hyundai Ioniq 5

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan gejala aki mobil soak dapat terdeteksi saat hendak menyalakan mesin.

“Saat melakukan starter mesin, mesin tidak kuat menyala. Maka tandanya aki sudah lemah,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan kata lain, aki mobil yang sudah lemah saat mesin dinyalakan tidak bisa langsung hidup atau tidak langsung menyala.

Jika keesokan harinya saat mesin dihidupkan kondisinya masih sama, itu berarti aki sudah lemah atau soak. Agar lebih yakin aki sedang tidak dalam keadaan baik, sorot lampu besar juga sudah melemah atau tidak seperti biasanya.

Bila sudah merasakan beberapa gejala tersebut, Didi menyarankan, sebaiknya aki mobil segera dilakukan pengecekan ke bengkel atau di toko aki.

 

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Aki yang sudah tidak bagus atau soak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cek Harga Honda PCX 150 Bekas, Mulai Rp 25 Jutaan

Sebagai contoh, mengalami macet di jalan dan harus berjalan untuk mencari bengkel atau menemukan toko aki yang bisa melakukan perbaikan.

“Untuk usia rata-rata aki itu antara 1,5 tahun sampai dua tahun, kalau sampai di atas dua tahun itu sudah bagus,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.