Aki Kering vs Aki Basah, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 03/07/2022, 11:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Aki menjadi penyuplai listrik pada mobil, maka dari perannya sangatlah penting. Berdasarkan jenis, aki terbagi menjadi dua model, aki basah dan aki maintenance free (MF) atau biasa dibilang aki kering karena tidak perlu ditambah air aki.

Baik aki kering atau aki basah memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aki MF memiliki kelebihan tidak perlu ada perawatan rutin, sedangkan aki kering memiliki harga yang relatif lebih murah.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Seat Belt Pretensioner


Bagi pemilik kendaraan yang ingin mengganti aki mobilnya, kadang terpikir mana yang lebih awet dan tahan lama?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, keawetan dari aki MF dan basah sebetulnya sangat relatif dari penggunaan dan perawatannya

“Misalnya sama-sama tidak dirawat, maka aki basah akan lebih cepat rusak dibanding aki MF,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 


Cairan aki pada aki basah dalam kurun waktu tertentu akan menguap dan perlu ditambah. Jika tidak ditambah atau dirawat, aki basah lebih cepat drop dan rusak. Sedangkan aki MF didesain tidak perlu penambahan air aki, maka lebih awet.

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

“Lain halnya jika aki basah dirawat dengan benar dan rutin. Misal rajin servis berkala dan akan ditambah cairan akinya. Jadi aki bekerja maksimal dan awet, bahkan bisa melebihi usia aki MF dengan asumsi pemakaian normal,” ucap Suparna.

Baca juga: Ingat Ganjil Genap di Puncak Berlaku Akhir Pekan Ini

Suparna menambahkan, dalam pemakaian normal, aki MF memiliki usia pakai dua sampai tiga tahun.

Jadi jika rajin merawat aki basah, usia pakainya bisa lebih dari itu. Sedangkan kalau tidak normal, bisa hanya setahun bahkan kurang usia pakainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.