Kompas.com - 02/07/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai mobil listrik murni, Hyundai Ioniq 5 menawarkan kemampuan akselerasi dan performa motor elektrik yang mengesankan.

Lalu, bagaimana dengan kemampuan dalam bermanuver atau kenyamanan yang disajikan selama digunakan untuk harian?

Test driver Kompas.com sudah mencoba Ioniq 5 selama lima hari berturut-turut untuk mengetahui sensasi mobil listrik ini digunakan untuk harian.

Baca juga: Bahas Desain Retro Futuristik Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 dibangun di atas platform yang baru dan berbeda dari mobil listrik Hyundai sebelumnya. Kali ini, Hyundai menyebutnya dengan Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Baterainya disematkan di bagian lantai, sehingga pusat gravitasi mobil diklaim menjadi merata. Tentunya, kondisi ini juga berpengaruh terhadap kemampuan dalam bermanuver.

Saat diajak melaju dalam kecepatan tinggi, Ioniq 5 memberikan kestabilan yang bisa dibilang cukup baik. Dimensinya juga tidak terlalu besar dan jarak terendah ke tanah yang tak terlalu tinggi juga membantu meningkatkan kestabilan.

Baca juga: Sejarah Baru Mobil Listrik Ioniq 5 Pimpin Pasar Medium SUV Mei 2022

Begitu pula dengan suspensi yang karakternya sedikit kaku. Meski membantu meningkatkan stabilitas saat kecepatan tinggi, tapi harus mengorbankan kenyamanan penumpang.

Khususnya, penumpang  barisan belakang. Suspensi dirasa sedikit keras, sehingga akan kurang nyaman untuk digunakan berkendara jarak jauh, seperti ke luar kota.

Namun, kemampuan manuvernya saat diajak menyalip atau berbelok di kecepatan tinggi, Ioniq 5 boleh diacungi jempol.

Meskipun, jarak sumbu rodanya cukup panjang, yakni 3.000 mm, tapi mobil ini cukup lincah dan cekatan.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Soal kesenyapan kabin, perlu diingat bahwa ini adalah mobil listrik. Jadi, sama sekali tidak ada suara mesin yang terdengar.

Dari kabin hanya terdengar suara ban, itu pun bisa diredam cukup baik. BEgitu juga saat hujan turun, kabinnya juga dirasa cukup kedap.

Saat ini, Hyundai Ioniq 5 dibanderol mulai Rp 718 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 829 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.