Krisis Cip Semikonduktor, Produksi Toyota Indonesia Diklaim Normal

Kompas.com - 01/07/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Krisis cip semikonduktor masih menghantui berbagai pabrikan mobil di global, tak terkecuali di Indonesia. Kondisi ini pun menyebabkan terganggunya pasokan mobil untuk konsumen.

Namun, kelangkaan komponen cip semikonduktor tidak terlalu berpengaruh pada produksi mobil Toyota di Indonesia.

Klaim ini diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022). Menurutnya, jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih cukup beruntung.

Baca juga: Pemilik Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Filter Solar Bawah

“Kalau kita bandingkan Indonesia dengan negara lain seperti di Amerika Serikat (AS) dan Jepang, produksinya sering terhenti. Di Indonesia produksi di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Astra Daihatsu Motor (ADM), produksi masih berjalan terus dan tidak pernah berhenti,” ucap Anton.

All New VelozDoc Toyota All New Veloz

Anton melanjutkan, Toyota tidak begitu terpengaruh oleh kelangkaan cip semikonduktor lantaran banyak memproduksi mobil yang merupakan buatan lokal (CKD). Sehingga suku cadang atau komponennya masih banyak yang tersedia.

“Seperti Avanza atau Veloz, relatif kita masih punya stok, walaupun tidak semua tipe dan setiap warna. Kemudian untuk LCGC juga kami masih ada stok,” katanya.

Meski begitu, Anton melanjutkan, memang ada beberapa model mobil Toyota yang memiliki waktu inden yang cukup lama, yakni model mobil completely build up (CBU) dan mobil yang menggunakan mesin diesel.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Ganti Cairan Wiper Apalagi Pakai Sabun

“Model CBU memang tidak terlalu besar volume (penjualan) nya, tetapi tetap membuat indent. Selain itu, mobil yang berhubungan dengan mesin diesel juga relatif membuat konsumen menunggu karena mesinnya impor,” ucapnya.

Sebagai informasi, model mobil CBU Toyota yang dipasarkan di Indonesia saat ini seperti, Toyota Camry, Voxy, hingga Corolla Cross, sementara untuk mobil mesin diesel antara lain Kijang Innova, Toyota Fortuner hingga Land Cruiser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.