Lakukan Ini agar Rem Tidak Blong Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Kompas.com - 29/06/2022, 12:12 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil yang rutin melakukan perawatan seharusnya memiliki sistem pengereman prima. Hanya saja, segala kemungkinan bisa saja terjadi mengingat rem merupakan komponen yang sering digunakan.

Bisa saja kemarin rem belum bermasalah, sedangkan sekarang mulai muncul tanda masalah. Hal semacam itu sangat mungkin terjadi. Sehingga, sebagai pengguna Anda perlu senantiasa waspada.

Apalagi Anda akan melakukan perjalanan jauh, maka kewaspadaan tersebut perlu lebih ditingkatkan. Karena segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan itu penting. Seperti memastikan kondisi rem sebelum bepergian, itu merupakan ritual wajib yang perlu dilakukan.

Baca juga: Catat, Ini Anjuran Ganti Minyak Rem Mobil yang Tepat

Kondisi mini bus usai alami kecelakaan beruntun di Jalan Raya Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (27/3/2022)KOMPAS.com/Miftahul Huda Kondisi mini bus usai alami kecelakaan beruntun di Jalan Raya Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (27/3/2022)

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo, mengatakan kewaspadaan tetap perlu dilakukan meskipun kendaraan sering diservis, minimal bisa mengenali tanda-tanda rem mulai bermasalah dari kondisi minyak rem.

“Perhatikan jika level minyak rem berkurang, jangan cuma ditambah, tapi juga perlu melakukan pemeriksaan. Karena minyak rem yang berkurang secara drastis bisa menjadi tanda ada kebocoran minyak pada sistem rem, dan ini bisa membuat rem blong,” ucap Anom kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Dia mengatakan, dengan melakukan pemeriksaan ke bengkel maka akan diketahui seperti apa kondisi sistem remnya, mulai dari kampas rem, saluran minyak rem, master rem dan booster remnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minyak Rem Mobil Perlu Rutin Diganti?

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Menurut Anom, tidak mungkin minyak rem berkurang drastis tanpa sebab mengingat rangkaian saluran minyak rem itu tertutup.

Sehingga, dengan bisa membaca kondisi minyak rem dari levelnya, maka Anda sudah berkontribusi dalam menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.