Kompas.com - 21/05/2022, 12:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Memiliki mobil dengan performa yang baik menjadi dambaan semua orang. Maka dari itu, penting melakukan perawatan secara rutin agar mobil selalu optimal.

Mengganti minyak rem menjadi salah satu perawatan mobil yang penting. Minyak rem mobil memiliki batas pemakaian sehingga harus diganti pada kurun waktu tertentu.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan minyak rem memiliki usia pakai tiga tahun atau jarak tempuh 40.000 kilometer (Km).

“Minyak rem tetap perlu diganti dengan yang baru secara berkala, meski usia pemakaiannya tergolong panjang. Penggantian cairan rem dilakukan setiap 40.000 km atau tiga tahun,” ujar Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menguras minyak rem dan diganti dengan yang baru agar sistem pengereman selalu optimal. Tidak hanya itu saja, aktivitas tersebut berguna untuk mencegah adanya uap air yang masuk dalam sistem pengereman.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Apabila minyak rem tidak diganti dengan yang baru setelah melebihi masa pakai dikhawatirkan ada udara di dalam sistem pengereman. Sebab, minyak rem bisa mendidih dan menghasilkan uap air.

“Uap air tersebut yang bisa menyebabkan rem terasa seperti blong, kondisi ini disebut juga dengan vapor lock,” kata Didi.

Baca juga: Xpander Mendominasi Penjualan Mitsubishi pada April 2022

Mengingat minyak rem yang beredar di pasaran juga memiliki spesifikasi berbeda-beda. Saat mengganti minyak rem, harus sesuai dengan spesifikasi masing-masing kendaraan.

“Selain penggantian minyak rem, pengecekan volume minyak rem juga perlu dilakukan. Jangan sampai volume minyak rem berkurang cukup banyak atau bahkan habis,” kata Didi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.