Rajin Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mobil, Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 27/06/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bakar pada mesin mobil akan mengalami penumpukan kerak karbon seiring dengan pemakaian. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan jika semakin parah.

Selain itu, gejala knocking atau mesin ngelitik pun akan dirasakan saat mobil berakselerasi. Namun, jika belum parah, menghilangkan kerak karbon yang ada di ruang bakar bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu membongkar mesin.

Baca juga: Mesin Mobil Brebet, Coba Cek Bagian Ini

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, menghilangkan kerak karbon bisa dilakukan sembari mengendarai kendaraan. Caranya adalah dengan menggeber mobil pada jarak dan kecepatan tertentu.

Ruang bakar yang sedang dibersihkan melalui lubang busi.Ghulam/Otomania Ruang bakar yang sedang dibersihkan melalui lubang busi.

“Sekali-kali mobil digeber dalam kecepatan dan jarak tertentu, yang penting jangan sampai melebihi batas redline pada panel RPM atau tachometer,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Didi, tidak ada aturan berapa kecepatan dan pada gigi berapa mobil bisa digeber untuk menghilangkan kerak. Tapi, yang terpenting adalah saat menggeber kendaraan jangan sampai melebihi batas RPM yang ada.

“Kalau belum parah kerak pada ruang bakar bisa dirontokkan dengan menggebernya, tapi kalau sudah parah atau banyak bisa menggunakan cara lain,” kata Didi.

Baca juga: Bahaya Bau Bensin di Ruang Mesin Mobil, Bisa Picu Kebakaran

Sedangkan jika kondisi kerak karbon pada jantung pacu yang sudah parah diperlukan perlakuan yang lebih intens untuk membersihkannya. Misal, dengan menggunakan bahan chemical untuk membersihkan ruang bakar.

Kondisi kepala silinder rusakfsae.com Kondisi kepala silinder rusak

“Kalau kerak karbon di ruang mesin sudah parah, bisa menggunakan pembersih ruang mesin,” ujar Didi.

Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, untuk membersihkan ruang bakar dari kerak karbon bisa juga dengan menggunakan carbon cleaner.

“Gurah ruang bakar mas, caranya dengan memasukkan cairan carbon cleaner kemudian dibuang. Tetapi kalau sudah parah perlu membuka head cylinder,” kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.