Kompas.com - 24/06/2022, 15:55 WIB

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar acara media test drive buat menguji All New Ertiga Hybrid. Acara ini bertujuan menguji efisiensi bahan bakar minyak (BBM) dari Ertiga Hybrid.

Perubahan yang diusung All New Ertiga Hyrid ada pada teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-ION berkapasitas 6 Ah 12V, yang bertugas sebagai pendamping mesin pembakaran internal dan ISG.

Lithium-ion berfungsi menyimpan daya yang bisa terisi otomatis ketika mobil melakukan deselerasi kecepatan. Selain itu ada fitur Auto Start-Stop yang bisa mematikan mesin secara otomatis ketika mobil dalam kondisi berhenti, seperti kemacetan atau lampu merah.

Baca juga: Sampai Kapan Harga Ertiga Hybrid Bertahan di Bawah Rp 300 Juta?

Bedasarkan pengujian yang dilakukan, fitur Auto Start-Stop ini bisa bekerja sampai durasi delapan menit. Sedangkan baterai Lithium-ION bisa memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi tanpa harus melakukan kick down pedal gas.

Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com Suzuki All New Ertiga Hybrid

All New Ertiga Hybrid menggunakan mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc, berdaya 104,7 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Perjalanan pengujian ini dimulai di kawasan Batu, Jawa Timur, dan dilakukan dengan metode full to full, dan penguji menggunakan All New Ertiga tipe transmisi manual. BBM diisi penuh menggunakan jenis Pertamax Turbo.

Kontur jalanan kota Batu yang penuh dengan tanjakan menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan pengujian. Tambahan daya dari baterai mampu membantu laju mobil tanpa harus menambah putaran mesin.

Baca juga: Sentuhan Ringan Bikin Suzuki Ertiga Lebih Sporty dan Elegan

Pengujian dilakukan secara normal, tanpa mematikan AC dan kecepatan juga tidak terlalu pelan atau terlalu kencang. Artinya disesuaikan dengan pemakaian normal kendaraan sehari-hari.

Data MID menunjukan angka 19 kpl (kilometer per liter) saat berada di kawasan dalam kota Batu.

MID Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com MID Suzuki All New Ertiga Hybrid

Perjalanan dilanjutkan menuju kota Surabaya melalui jalan bebas hambatan. Ertiga Hybrid juga memiliki fitur Cruise Control yang bisa diatur dengan tombol yang terletak di lingkar kemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.