Kompas.com - 21/06/2022, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hal pertama yang harus selalu diingat ketika kunci mobil tertinggal di kabin mobil adalah jangan panik. Sebab, Anda masih perlu berpikir mencari cara agar pintu mobil bisa dibuka dari luar.

Ketika panik, mungkin saja Anda bisa melupakan hal kecil yang cukup penting seperti misalnya masih memiliki kunci cadangan dan lain sebagainya.

Dengan panik, masalah yang seharusnya bisa terselesaikan dalam hitungan menit dengan baik bisa menjadi berjam-jam dengan hasil yang kurang baik.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, disesuaikan dengan tipe mobil dan konstruksinya.

Baca juga: Kunci Mobil Hilang, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan Kemudian?

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

1. Menurunkan kaca dengan bantuan lakban

“Untuk mobil yang masih dengan ongkel (belum dilengkapi elektrik power window), bisa dengan menurunkan kaca mobil dengan lakban agak sedikit dipaksa, kalau sudah power window cara itu akan susah bahkan bisa merusak komponen gear motor dan regulator,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Sayangnya, kebanyakan mobil sudah dilengkapi electric power window sehingga cara tersebut tidak bisa diaplikasikan pada sembarangan mobil.

2. Menggunakan penggaris baja tipis

“Beberapa mobil keluarga keluaran Jepang, bisa menggunakan penggaris baja tipis panjang untuk mendorong mekanikal gagang pintu,” ucap Ibrohim

Baca juga: Bukan Gantungan, Ini Fungsi Pelat Kecil pada Anak Kunci Mobil

Remote Engine Start All New Honda CityDOK. HPM Remote Engine Start All New Honda City

Cara paling umum bisa menggunakan penggaris baja panjang untuk mendorong mekanikal gagang pintu yang ada di sela-sela kaca dan pintu. Cara ini memang terkesan sederhana, namun tetap saja sulit dilakukan oleh orang awam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.