Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Kabin

JAKARTA, KOMPAS.com - Hal pertama yang harus selalu diingat ketika kunci mobil tertinggal di kabin mobil adalah jangan panik. Sebab, Anda masih perlu berpikir mencari cara agar pintu mobil bisa dibuka dari luar.

Ketika panik, mungkin saja Anda bisa melupakan hal kecil yang cukup penting seperti misalnya masih memiliki kunci cadangan dan lain sebagainya.

Dengan panik, masalah yang seharusnya bisa terselesaikan dalam hitungan menit dengan baik bisa menjadi berjam-jam dengan hasil yang kurang baik.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, disesuaikan dengan tipe mobil dan konstruksinya.

1. Menurunkan kaca dengan bantuan lakban

“Untuk mobil yang masih dengan ongkel (belum dilengkapi elektrik power window), bisa dengan menurunkan kaca mobil dengan lakban agak sedikit dipaksa, kalau sudah power window cara itu akan susah bahkan bisa merusak komponen gear motor dan regulator,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Sayangnya, kebanyakan mobil sudah dilengkapi electric power window sehingga cara tersebut tidak bisa diaplikasikan pada sembarangan mobil.

2. Menggunakan penggaris baja tipis

“Beberapa mobil keluarga keluaran Jepang, bisa menggunakan penggaris baja tipis panjang untuk mendorong mekanikal gagang pintu,” ucap Ibrohim

Cara paling umum bisa menggunakan penggaris baja panjang untuk mendorong mekanikal gagang pintu yang ada di sela-sela kaca dan pintu. Cara ini memang terkesan sederhana, namun tetap saja sulit dilakukan oleh orang awam.

3. Menggunakan special tool kunci maling

“Sedangkan bila di beberapa bengkel body repair, ada alat khusus seperti anak panah setipis penggaris baja tadi dan lebih elastis, namanya kunci maling. Itu lebih lengkap karena memiliki pengait yang lebih bervariasi, jadi bisa digunakan di berbagai jenis mobil.” tambah Ibrohim.

Cara selanjutnya bisa mendatangi bengkel body repair untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dengan penunjang alat yang lebih lengkap. Cara ini tentu lebih aman dan tepat mengingat cara-cara alternatif bisa merusak beberapa komponen seperti cat, list kaca dan kaca film.

4. Memainkan motor door lock secara elektrikal

“Untuk montir profesional, bisa juga dengan cara memainkan motor door lock dengan cara menyambungkan beberapa kabel motor door lock yang bisa dijangkau dari sisi luar kendaraan,” tambah Ibrohim.

Seperti yang diketahui, bengkel resmi memiliki buku panduan servis yang lebih lengkap untuk mobil tertentu. Sehingga para montir tahu letak-letak kabel, socket dan mengenali kabel dari warnanya dengan sangat presisi. Jadi hal itu tidak sulit bagi bengkel resmi dan cukup aman untuk dilakukan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/21/171419615/4-cara-mengatasi-kunci-mobil-tertinggal-di-kabin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke