Kompas.com - 26/04/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika membeli mobil baru dengan fitur keyless, maka akan dilengkapi pelat kecil yang menyerupai gantungan kunci.

Banyak yang belum mengetahui apa fungsinya, dan malah menganggap sebagai aksesoris belaka. Padahal pelat berbahan stainless itu berisi nomor seri dari keyless tersebut.

Karena itu, jangan anggap remeh keberadaannya. Apalagi bila sampai hilang, karena cukup krusial saat dibutuhkan untuk membuat kunci cadangan.

"Itu sebenarnya kode alur dari kunci mobil. Misal kunci itu hilang, nanti bisa dibuat lagi dengan menggunakan kode pada pelat tersebut," jujar Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bikin Mobil Jadi Punya Tombol Start Stop Engine dan Keyless Entry

Contoh fungsi bagian keyless entryZulfana K. Rijal Contoh fungsi bagian keyless entry

Lebih lanjut Suparna mengatakan, pelat kecil pada kunci tersebut sangat penting, tapi kerap diabaikan. Untuk itu diingatkan sebaiknya disimpan di rumah, jangan dibiarkan terus tergantung bersama kunci.

Tapi bagaimana bila ternyata kedua kunci yang dimiliki pemilik mobil hilang, termasuk dengan pelat tersebut. Apakah masih bisa dibikin baru atau justru harus langsung diganti baru.

Menurut Suparna, bila mengalami kasus tersebut, lebih baik langsung mengganti semuanya, tidak perlu membuat anak kunci karena akan berisiko.

"Ganti baru semua, karena otomatis sudah tidak ada lagi alur kuncinya. Saya sarankan lebih baik diganti sekaligus karena untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak, seperti ada oknum mengkondisikan keyless itu hilang padahal tidak," ucap Suparna.

Contoh plat pada kunci keylessZulfana K. Rijal Contoh plat pada kunci keyless

Baca juga: Ketahui Penyebab Remote Keyless Entry Mobil Bermasalah

Ketika sudah diganti, data lama dari kunci sebelumnya akan dihapus, dan mobil sudah menggunakan kunci serta data baru, sehingga tidak mudah untuk dipalsukan.

Tapi jangan kaget soal biayanya, karena mencapai jutaan. Sebagai contoh untuk Toyota Voxy kisarannya Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, untuk melakukan penggantian kunci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.