Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Mobil Hilang, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan Kemudian?

Kompas.com - 16/08/2021, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kehilangan kunci mobil masih kerap dialami pemilik kendaraan seiring penggunaan karena bentuknya yang kecil dan sering kali tidak mengeluarkan bunyi.

Padahal, kegunaan kunci sangat penting sebagai penghubung pemilik atau pengendara ke kendaraan terkait. Apalagi bila sistem yang digunakan sudah canggih sehingga begitu membutuhkan sensor dari kunci (immobilizer).

Meski demikian, pemilik tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan bila mendapati kasus serupa mulai dari mencari kunci cadangan, menghubungi bengkel, sampai memanfaatkan asuransi.

Baca juga: PPKM Level 4, Berikut 6 Titik Kota Bandar Lampung yang Disekat

Ilustrasi Kunci MobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Kunci Mobil

"Kehilangan kunci memang jadi persoalan tersendiri. Bila ada cadangannya, bisa cepat diatasi tapi bagaimana jika tidak? Ini yang jadi pertanyaan," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Minggu (15/8/2021).

Belum lagi apabila kunci mobil hilang di saat yang tidak tepat, sehingga menambah kepanikan dan membuat aktivitas terganggu.

Menurut Imansyah, bila kunci cadangan mobil tidak dimiliki maka pemilik kendaraan terkait lansung segera menghubungi ahli kunci yang berasal dari diler maupun spesialis duplikat kunci terpercaya.

"Ahli kunci dengan peralatan khususnya akan mengidentifikasi jenis kunci mobil sehingga bisa membuatkan kunci yang cocok dengan kendaraan yang dimilikinya," ujar dia.

"Tetapi, akan lebih baik apabila memanggil ahli kunci dari dealer, apalagi kunci yang digunakan berjenis immobilizer. Pemilik tidak hanya mendapatkan kunci mobil yang baru, tapi juga kode immobilizer yang diperbarui sehingga menjadi lebih aman," kata Imansyah.

Baca juga: Viral, Video Cekcok Warga Gara-gara Mobil Parkir di Pinggir Jalan

kunci mobil immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda kunci mobil immobilizer

Biar lebih aman, sebaiknya lakukan duplikasi kunci sejak awal. Maksud dari penjelasan tersebut adalah lakukan hal ini sejak awal sehingga ketika ada masalah kehilangan kunci mobil, tidak akan membuat Anda panik karena telah tersedia versi duplikasinya.

Cara kedua, hubungi asuransi mobil karena pihak ketiga juga mengcover hal tersebut tidak hanya kerusakan berat saja.

Dengan begitu, pemik tidak perlu lagi keluar biaya yang banyak untuk mendapatkan kembali kunci mobil. Apalagi mobil yang dimiliki adalah keluaran terbaru sehingga duplikasinya tidak mudah dilakukan oleh tukang kunci.

"Itulah mengapa ketika baru membeli mobil, disarankan langsung pakai jasa asuransi mobil. Dengan begitu masalah seperti ini tidak akan membuat panik," katanya.

Tapi perlu diperhatikan bahwa asuransi mobil terbagi dua jenis yaitu all risk dan total loss only. Jadi, pahami lagi asuransi yang dipilih sebelum lakukan hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com