Viral, Video Imbauan Isi BBM Nominal Ganjil agar Tak Dicurangi

Kompas.com - 18/06/2022, 07:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial, video yang berisi imbauan mengisi bensin atau bahan bakar minyak (BBM) menggunakan nominal ganjil. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tidak dicurangi jika mengisi nominal genap.

Dalam narasi video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @mhmmad.asrul, pengunggah menyarankan agar saat mengisi bbm menggunakan angka depan nominal ganjil, seperti Rp 11.000, Rp 21.000, Rp 51.000, Rp 53.000 dan Rp 57.000.

“Aturan#1751. Jangan isi bensin dengan angka genap usahakan ganjil, contoh 11k, 21k, 51k, 53k, 57k. Karna kalau genap biasanya di akali,” tulis narasi dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Transmisi Matik Hilang Tenaga

Unggahan itu pun ramai dikomentari oleh warganet. Beberapa dari mereka yang mempertanyakan kebenaran dari anggapan tersebut.

Lantas, benarkah membeli bensin dengan nominal ganjil bisa terhindar dari kecurangan?

@mhmmad.asrul #aturan #isibensinsendiri #ingat #makassargowa #gowa #makassar ? Originalton - max.allxs

Menanggapi hal ini, Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting membantah hal tersebut.

Menurutnya, informasi terkait membeli bensin dengan nominal ganjil bisa terhindar dari kecurangan tidak benar. Jumlah yang dikeluarkan akan sesuai dengan nominal pembelian.

“Hal itu tidak benar. Kuantitas yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal yang tercantum,” ucap Irto, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Desain Bus di Indonesia Merujuk ke Bus di Eropa

Irto melanjutkan, sebagian besar SPBU saat ini sudah terdigitalisasi. Selain itu, setiap alat ukur sudah ditera sesuai ketentuan.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir untuk ketepatan kuantitas dan kualitas,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.