Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Menyimpan Barang Elektronik di Bagasi Motor?

Kompas.com - 17/06/2022, 18:41 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagasi sepeda motor saat ini memiliki ukuran yang relatif besar dan bisa memuat lebih banyak barang bawaan. Beberapa unit sepeda motor bahkan bisa memuat satu helm di bagasinya.

Motor yang dilengkapi dengan bagasi umumnya adalah motor jenis sktuik ataupun bebek. Pemilik kendaraan bisa meletakkan banyak bawaan; mulai dari helm, riding gear seperti sarung tangan, atau bahkan barang elektronik seperti ponsel dan powerbank.

Menyimpan benda non-elektronik bukan jadi suatu masalah. Namun, apakah menyimpan benda seperti ponsel dan powerbank di bagasi jok motor bisa menimbulkan efek negatif seperti ledakan atau kebakaran?

Baca juga: Jangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Terutama Motor Kopling

Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin menjelaskan bahwa hal ini bisa terjadi. Ini mengingat tingginya suhu di dalam bagasi, khususnya saat motor tengah dikendarakan.

Tidak hanya itu, telepon genggam juga kerap mengalami overheat. Ini yang membuatnya menjadi rawan terbakar ataupun meledak.

"Masalahnya ada di HP bukan di motornya, karena HP bisa menimbulkan reaksi panas, apalagi kalau kebanyakan data. Sementara di bagasi itu kan dekat bensin dan jok itu di dalamya ada busa, sehingga kalau HP meledak bisa cepat terbakar," ucap Mamal.

Bagasi Honda PCX 160Dok. AP Honda Bagasi Honda PCX 160

Baca juga: Oyika Hadirkan Motor Listrik Murah di Indonesia, Mulai Rp 9 Jutaan

Sementara itu, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menjelaskan bahwa saat ini, bagasi motor sudah aman untuk dipakai meletakkan benda-benda elektronik seperti smartphone ataupun powerbank.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," ucap Endro.

Yang dkhawatirkan, menurutnya adalah ketika benda-benda elektronik tersebut terlempar-lempar di dalam bagasi, saat motor tengah dipakai melaju di jalan. Untuk mengakali hal ini, Endro menyarankan pengguna sepeda motor untuk melapisi benda tersebut dengan kain atau jas hujan.

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur. Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi," ucap Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com