Pemilik Mobil Jangan Malas Ganti Karet Wiper

Kompas.com - 17/06/2022, 10:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya kembali memasuki musim hujan. Agar kinerja mobil dan fungsinya tetap optimal, sejumlah komponen harus diperhatikan, terutama kondisi wiper.

Wiper berperan penting ketika musim hujan tiba. Karet wiper harus diganti secara berkala agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menyapu air yang menempel di kaca dengan baik.

Baca juga: Suzuki S-Presso Masuk Indonesia, Bakal Meluncur di GIIAS 2022?

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia memberikan beberapa tanda wiper yang sudah harus diganti.

Wiper terbuat dari karet akan mudah mengalami getas atau kering. Alhasil, saat wiper getas akan mengeluarkan suara dan kemampuan menyapu airnya berkurang.

“Kapan mengganti wiper lama dengan yang baru, ada tiga indikator. Pertama jika sapuan wiper tidak menyisakan setetes air, itu artinya kondisi masih bagus,” kata Maria kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Tanda berikutnya yaitu di kaca menyisakan garis-garis air atau di bagian tepi tidak tersapu dengan baik.

“Terakhir, jika masih ada sisa air dan berkabut, artinya harus segera ganti wiper dengan yang baru. Kalau bisa jangan sampai berkendara dengan mobil itu sebelum ganti wiper, karena saat hujan lebat bisa membahayakan,” kata Maria.

Baca juga: Cara Merawat Sunroof Mobil Saat Musim Hujan

Untuk wiper, sebaiknya diganti antara enam bulan sampai satu tahun sekali. Jika wiper sudah mengalami beberapa indikator yang disebutkan di atas, lebih baik segera rencanakan untuk mengganti wiper lama dengan yang baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.