Ada Bahaya, Jangan Tinggalkan Powerbank di Kabin Saat Mobil Parkir

Kompas.com - 17/06/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Powerbank merupakan salah satu alternatif pengisi daya telepon genggam yang banyak dipakai pengguna gawai saat ini.

Buat pemilik kendaraan roda empat yang memiliki powerbank, jangan meninggalkan alat yang satu ini di kabin khususnya saat mobil parkir

Beberapa kasus mobil terbakar terjadi akibat pemilik kendaraan meninggalkan powerbank di mobil yang ditinggalkan parkir, karena ketidaktahuan atau karena ketidaksengajaan. Perlu diingat, kabin mobil yang diparkir memiliki suhu lebih panas dan bisa memicu powerbank meledak atau terbakar.

Baca juga: Bule Eropa Kaget Lihat Modifikasi Vespa Ekstrem Indonesia

Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, bahwa powerbank tidak boleh terekpos panas berlebih.

"Tidak hanya powerbank, batu baterai yang ukuran kecil saja sebenarnya tidak boleh terekspos terhadap panas berlebih," ucap Anjar.

Menurut Anjar, semua perangkat elektronik yang memiliki baterai lithium punya potensi untuk meledak. Membawa powerbank di mobil diperbolehkan asal penempatan dan penggunaannya benar, selama pemilik memperhatikan tempat penyimpanannya.

Penggunaan power outlet untuk men-charging powerbank- Penggunaan power outlet untuk men-charging powerbank

Baca juga: Sudah Modern, Apa Masih Perlu Melakukan Ritual Memanaskan Mesin?

Misalnya, jangan meletakan powerbank di atas dasbor mobil saat berkendara. Saat terpapar panas matahari di dasbor, ini membuat powerbank berpotensi meledak.

"Ledakan powerbank sebenarnya hanya menghasilkan percikan api yang tidak terlalu besar. Namun, karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil," ucap Anjar.

Lebih berbahaya lagi jika powerbank yang ditinggal mash terpasang dengan soket pengisian daya. Hal ini bisa menyebabkan powerbank meledak, mengakibatkan percikan api yang menyebar ke seluruh area mobil sampai membuatnya terbakar.

"Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak," ucap Riecky Patrayudha, Quality Assurance Department Head PT Suzuki Indomobil.

Maka sebelum parkir, pemilik kendaraan harus memastikan tidak ada barang lawan meledak di kabin, seperti barang elektronik dan pemantik api. Pastikan juga tidak ada barang elektronik yang masih tersambung dengan soket pengisian daya, saat mobil akan diparkir atau ditinggal, baik sebentar ataupun untuk waktu yang lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.