Cara Merawat Sunroof Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 16/06/2022, 15:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah model mobil yang dijual di Indonesia dibekali fitur sunroof. Agar fungsi kaca sunroof tetap optimal di musim hujan, maka dibutuhkan perawatan ekstra supaya tidak cepat rusak.

Saat musim hujan, kaca sunroof mobil rentan alami kebocoran dan engsel yang macet akibat terlalu banyak kotoran.

Ada dua kategori pembuangan air pada sunroof. Penggolongan tersebut tergantung dari jenis atau tipe sunroof yang digunakan.

Baca juga: Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Tangerang Selatan Hari Ini

"Ada dua kategori pembuangan air sunroof. Ada yang turun ke pembuangan air, dan ada juga yang tidak ada," kata owner Garasi Sunroof, Raden Indra Dewanto pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dewa menjelaskan, untuk sunroof yang memiliki jalur pembuangan air, pemilik bisa menjaga sunroof agar tidak bocor dengan cara membersihkan jalur-jalur pembuangan air tersebut. Dengan cara tersebut, air tidak akan tumpah keluar atau ke dalam kabin mobil.

 
"Kalau yang ada jalur pembuangan airnya, itu bisa sebenarnya untuk perawatan sendiri. Bersihin jalur-jalur untuk pembuangan airnya itu, yang masuk ke dalam tiang-tiang mobil," kata Dewa.

Sunroof pada VW T-CrossKompas.com/Donny Sunroof pada VW T-Cross

Sedangkan tipe sunroof yang tidak memiliki jalur pembuangan air seperti panoramic roof, cenderung lebih susah untuk dibersihkan.

Sehingga, pemilik mobil disarankan untuk membawanya ke bengkel yang sudah ahli membersihkan panoramic roof.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Mengenal Posisi Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP | Polisi Imbau Pengendara Motor Tidak Pakai Sandal Jepit, Ini Alasannya

Tidak hanya itu saja, pemilik mobil juga perlu rutin membersihkan sela-sela sunroof, khususnya yang kerap terekspos debu dan air.

Kotoran tersebut dapat membuat sunroof menjadi susah dibuka atau macet. Kemudian untuk perawatan kaca, dapat menggunakan sabun pembersih untuk kaca depan dan kaca samping pada mobil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.