Wacana Penerapan BPKB Berbasis Digital, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 14/06/2022, 16:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Usai perencanaan pelat nomor putih, Korlantas Polri tengah mempersiapkan penerapan BPKB digital.

Wacana ini tersebut dikabarkan akan menggantikan buku BPKB yang selama ini digunakan oleh setiap pemilik kendaraan.

Budiyanto, Pemerhati masalah transportasi dan Hukum mengatakan jika wacana penerapan BPKB berbasis digital merupakan suatu keniscayaan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Efek Oli Mesin Diesel Digunakan pada Mobil Bensin

 

BPKB digital diharapkan mampu berikan kemudahan akses masyarakat dalam pengurusan surat- surat di Polri khususnya yang berkaitan dengan surat- surat kendaraan bermotor.

“Berkembangnya teknologi digital menuntut semua sektor- sektor pelayanan untuk beradaptasi dan mengakselerasikan perkembangan teknologi bidang pelayanan termasuk pelayanan dalam registrasi dan identifikasi ( ERI ),” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Syarat dan cara gadai BPKB motor di Pegadaian dengan mudah dan cepatKOMPAS.com/SRI LESTARI Syarat dan cara gadai BPKB motor di Pegadaian dengan mudah dan cepat

Tidak hanya itu saja, kehadiran BPKB digital akan menunjukkan dan meningkatkan profesionalisme Polri sekaligus meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat.

Budiyanto juga menyebutkan BPKB digital akan mempercepat, mempermudah pelayanan dan menghilangkan atau menghindari Pungli atau korupsi.


Hal tersebut lantaran system BPKB digital tidak ada persentuhan antara pemilik kendaraan dengan petugas.

Baca juga: Menakar Kemungkinan Vespa Elettrica Jadi Buatan Indonesia

“BPKB sebagai bukti legitimasi kepemilikan yang syah memang seharusnya semua proses melalui digital dari mulai proses pelaksanaan, cek fisik, pendaftaran, verifikasi data,pembayaran PNBP dan perpajakan sampai dengan pengarsipan agar hasilnya valid dan secara hukum dapat dipertanggung jawabkan,” kata Budiyanto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.