Ini 3 PO Bus Legendaris dari Jakarta, Salah Satunya Hadir Sebelum Merdeka

Kompas.com - 14/06/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) merupakan operator yang menyediakan bus sebagai alat transportasi umum. Bus bisa punya banyak fungsi, baik untuk di perkotaan, pariwisata, atau sampai antar kota.

Sejauh ini, bus masih menjadi alat transportasi favorit sebagian orang Indonesia. Tarifnya yang relatif ekonomis namun tetap nyaman kadang menjadi alasan bus tetap eksis di jalan raya.

Seiring berkembangnya zaman, bus juga turut meningkat kualitasnya. Namun jika dicari, ada beberapa PO yang ternyata sudah ada sejak lama dan legendaris.

Baca juga: Bus Listrik Garapan UI Siap Ramaikan KTT G20

PT Mayasari Bakti resmikan 30 unit bus listrik dan SPKLU di pool CibuburKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI PT Mayasari Bakti resmikan 30 unit bus listrik dan SPKLU di pool Cibubur

Berikut ini redaksi Kompas.com kumpulkan tiga PO yang legendaris di Indonesia dan berasal dari DKI Jakarta:

1. PO Mayasari Bakti

Mayasari Bakti didirikan oleh Engkud Mahpud pada 1964. Awalnya, PO ini baru melayani angkutan bus dengan rute Cililitan - Tanjung Priok, namun seiring waktu berjalan, Mayasari Bakti terus berkembang.

Kalau dilihat, nama Mayasari Bakti saat ini dikenal sebagai salah satu operator bus di Transjakarta. Apalagi belum lama ini, Mayasari Bakti menjadi operator bus listrik pertama dan sudah mengoperasikan 30 unit.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Gerbang Tol yang Terkena Imbas Ganjil Genap


Selain bermain di bus perkotaan, terdapat beberapa operator bus yang masuk dalam Grup Mayasari Bakti. Misalnya untuk bus AKAP, ada Primajasa, Karunia Bakti, dan Doa Ibu.

2. Agra Mas

Bus kota Agra Masnelvinsokapata28.blogspot.com Bus kota Agra Mas

Melansir dari website resmi PO Agra Mas, pada awal perkembangannya, PO dengan bodi berwarna merah ini menyediakan layanan bus AC Ekonomi untuk mengakomodasi penumpang yang bepergian dari daerah sekitar Jakarta dan sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.