Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 PO Bus Legendaris dari Jakarta, Salah Satunya Hadir Sebelum Merdeka

Kompas.com - 14/06/2022, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) merupakan operator yang menyediakan bus sebagai alat transportasi umum. Bus bisa punya banyak fungsi, baik untuk di perkotaan, pariwisata, atau sampai antar kota.

Sejauh ini, bus masih menjadi alat transportasi favorit sebagian orang Indonesia. Tarifnya yang relatif ekonomis namun tetap nyaman kadang menjadi alasan bus tetap eksis di jalan raya.

Seiring berkembangnya zaman, bus juga turut meningkat kualitasnya. Namun jika dicari, ada beberapa PO yang ternyata sudah ada sejak lama dan legendaris.

Baca juga: Bus Listrik Garapan UI Siap Ramaikan KTT G20

PT Mayasari Bakti resmikan 30 unit bus listrik dan SPKLU di pool CibuburKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI PT Mayasari Bakti resmikan 30 unit bus listrik dan SPKLU di pool Cibubur

Berikut ini redaksi Kompas.com kumpulkan tiga PO yang legendaris di Indonesia dan berasal dari DKI Jakarta:

1. PO Mayasari Bakti

Mayasari Bakti didirikan oleh Engkud Mahpud pada 1964. Awalnya, PO ini baru melayani angkutan bus dengan rute Cililitan - Tanjung Priok, namun seiring waktu berjalan, Mayasari Bakti terus berkembang.

Kalau dilihat, nama Mayasari Bakti saat ini dikenal sebagai salah satu operator bus di Transjakarta. Apalagi belum lama ini, Mayasari Bakti menjadi operator bus listrik pertama dan sudah mengoperasikan 30 unit.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Gerbang Tol yang Terkena Imbas Ganjil Genap


Selain bermain di bus perkotaan, terdapat beberapa operator bus yang masuk dalam Grup Mayasari Bakti. Misalnya untuk bus AKAP, ada Primajasa, Karunia Bakti, dan Doa Ibu.

2. Agra Mas

Bus kota Agra Masnelvinsokapata28.blogspot.com Bus kota Agra Mas

Melansir dari website resmi PO Agra Mas, pada awal perkembangannya, PO dengan bodi berwarna merah ini menyediakan layanan bus AC Ekonomi untuk mengakomodasi penumpang yang bepergian dari daerah sekitar Jakarta dan sebaliknya.

Pada saat itu, walaupun kelas layanannya berupa AC ekonomi, pelayanan yang diberikan Agra Mas tetap maksimal. Bahkan ada yang mengatakan kalau pengamen dan pedagang asongan dilarang masuk ke kabin bus.

Kemudian berlanjut ke tahun 2011, Agra Mas mengembangkan pelayanannya dengan membuka trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Armada yang digunakan pun bisa dibilang premium di kelasnya.

3. DAMRI

Bus DAMRi di PontianakDOK. DAMRI Bus DAMRi di Pontianak

DAMRI atau Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia menjadi operator bus legendaris yang hadir sejak 1943.

Saat Indonesia masih diduduki Jepang, ada dua perusahaan dengan nama Jawa Unyu Zigyosha (angkutan barang) dan Zidosha Sokyoku (angkutan orang).

Namun baru pada 1946, kedua perusahaan tadi digabung dan muncul nama baru, yang disingkat jadi DAMRI.

DAMRI juga merupakan perusahaan negara yang memiliki tugas menyelenggarakan angkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

Selain itu, DAMRI juga punya banyak kelas layanan, mulai dari Angkutan Perintis untuk daerah 3TP, Bus Rapid Transit, AKAP, Angkutan Lintas Batas Negara, Travel, pariwisatam AKDP, sampai bus bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com